PERBANDINGAN EFEKTIVITAS ANTARA LATIHAN SIT-UP DAN LATIHAN PLANK TERHADAP KEKUATAN DAYA TAHAN OTOT PERUT DAN PENURUNAN LINGKAR PERUT

Makara, Ramdani Berry (2018) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS ANTARA LATIHAN SIT-UP DAN LATIHAN PLANK TERHADAP KEKUATAN DAYA TAHAN OTOT PERUT DAN PENURUNAN LINGKAR PERUT. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saat ini olahraga menjadi kebutuhan setiap manusia dalam menjaga kesehatan atau kebugaran jasmani, akan tetapi masyarakat kurang mengetahui variasi-variasi latihan untuk otot perut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas antara latihan sit-up dan latihan plank terhadap kekuatan daya tahan otot perut dan penurunan lingkar perut. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah two group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah mahasiswa Ilmu keolahragaan angkatan 2015 dangan jumlah 34 orang. Sampel berjumlah 10 orang. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen penelitian yaitu curl-up test dan pita ukur. Teknik analisis data adalah analisis ujit. Hasil penelitian disajikan secara kuatitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan sit-up terhadap kekuatan daya tahan otot perut akan tetapi tidak terdapat pengaruh yang signifikan tehadap penurunan lingkar perut. Demikian pula terdapat pengaruh yang signifikan latihan plank terhadap kekuatan daya tahan otot perut akan tetapi tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penurunan lingkar perut. Efektifitas latihan plank dan latihan sit-up terhadap kekuatan daya tahan otot perut diperoleh bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Sedangkan efektifitas latihan plank dan latihan sit-up terhadap lingkar perut diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sit-up, plank, kekuatan daya tahan otot perut , lingkar perut
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Aug 2018 05:08
Last Modified: 30 Jan 2019 16:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58285

Actions (login required)

View Item View Item