Pengembangan Panduan Pembelajaran Apresiasi Sastra Berbasis Teori Resepsi untuk Guru pada Jenjang SMA

Chaesar, Ari Suryawati Secio (2018) Pengembangan Panduan Pembelajaran Apresiasi Sastra Berbasis Teori Resepsi untuk Guru pada Jenjang SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ari-suryawati-secio-chaesar-15715251032.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan buku panduan pembelajaran apresiasi sastra berbasis teori resepsi untuk guru pada jenjang SMA; (2) mendeskripsikan validasi buku panduan tersebut oleh dosen ahli; dan (3) mendeskripsikan kelayakan buku panduan tersebut oleh guru ditinjau dari aspek isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan prosedur pengembangan Borg dan Gall (1983) dengan langkah-langkah yang telah dimodifikasi, meliputi: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan pengembangan produk, (3) pengembangan produk, (4) uji validasi oleh ahli, (5) revisi produk, dan (6) uji coba produk. Subjek penelitian terdiri atas ahli materi, ahli kegrafikaan dan 25 guru bahasa Indonesia se—Kabupaten Sleman. Instrumen pengumpulan data terdiri atas angket guru dan peserta didik, lembar telaah buku, lembar penilaian produk oleh ahli materi dan ahli kegrafikaan, serta lembar penilaian uji coba produk oleh guru bahasa Indonesia di SMA Negeri se—Kabupaten Sleman. Uji kelayakan menggunakan skala Likert dengan skor berskala 1-5. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Simpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Produk yang dihasilkan berupa buku panduan pembelajaran apresiasi sastra berbasis teori resepsi untuk guru SMA. (2) Validitas produk oleh ahli materi menghasilkan skor pada aspek materi/isi: 71>68, aspek penyajian 57>52, dan aspek bahasa 85>80. Validitas produk oleh ahli kegrafikaan menghasilkan skor 145>140. Hal tersebut menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kriteria sangat layak untuk digunakan. (3) Uji coba kelayakan produk oleh guru bahasa Indonesia menghasilkan skor pada aspek materi/isi: 51,68>48, aspek penyajian: 48,28>44, aspek bahasa: 48,08>44, dan aspek kegrafikaan: 48,60>44. Hal tersebut menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kriteria sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku panduan pembelajaran, apresiasi sastra, teori resepsi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Aug 2018 02:36
Last Modified: 09 May 2019 08:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58281

Actions (login required)

View Item View Item