Mekaria, Theodora Yunita (2018) Keefektifan Metode Quantum Learning dan Project Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran, Prestasi Belajar, dan Sikap Terhadap Matematika. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-theodora-yunita-mekaria-14709251053.swf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode Quantum Learning dan juga Project Based Learning ditinjau dari tiga aspek yaitu kemampuan penalaran, prestasi belajar, dan sikap terhadap matematika, serta menguji apakah terdapat perbedaan keefektifan antara kedua metode tersebut ditinjau dari ketiga aspek tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMPK Giovanni Kupang. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas sebanyak 30 siswa. Siswa pada kelas VIIA diberi perlakuan dengan mendapatkan metode pembelajaran Project Based Learning saat mengikuti pelajaran matematika di kelas. Sementara siswa di kelas VIIB diberi perlakuan dengan mendapatkan metode pembelajaran Quantum Learning. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi tes dan non tes, dengan instrumen penelitian adalah tes prestasi belajar berupa soal pilihan ganda, tes kemampuan penalaran dalam bentuk soal essay, dan angket sikap siswa terhadap matematika. Koefesien reliabilitas instrumen tersebut berturut-turut adalah 0,631; 0,669; dan 0,763 dengan Standar Error of Measurement (SEM) berturut-turut sebesar 1,766; 1,694, dan 4,854. Pengujian keefektifan masing-masing metode dilakukan dengan One Sample t-test. Sedangkan untuk menguji metode mana yang lebih efektif digunakan uji Multivariate Analisys of Variance (Manova). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) metode Quantum Learning efektif ditinjau dari kemampuan penalaran, prestasi belajar, dan sikap terhadap matematika; (2) metode project based learning efektif ditinjau dari kemampuan penalaran, prestasi belajar, dan sikap terhadap matematika; (3) tidak terdapat perbedaan keefektifan antara metode Quantum Learning dan Project Based Learning ditinjau dari kemampuan penalaran, prestasi belajar, dan sikap terhadap matematika. Keterbatasan waktu penelitian diduga menjadi penyebab terjadi perbedaan antara hipotesis dan hasil penelitian.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | quantum learning, project based learning, kemampuan penalaran, prestasi, sikap terhadap matematika |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 08 Aug 2018 01:41 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:54 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58268 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |