LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK NEGERI 2 KLATEN SENDEN, NGAWEN, KLATEN UTARA, KLATEN

FRANSISKA INDAH PERMATA SARI, FRANSISKA INDAH PERMATA SARI (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK NEGERI 2 KLATEN SENDEN, NGAWEN, KLATEN UTARA, KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FRANSISKA INDAH PERMATA SARI (16505247010) FTPSP.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing merupakan kegiatan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 UNY program kependidikan, sebab orientasi utamanya ialah kependidikan, dalam kegiatan PLT ini diharapkan dapat memberikan pengalaman mahasiswa dalam mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya karena PLT memiliki empat butir standar kompetensi yaitu memahami karakteristik peserta didik, menguasai bidang studi, menguasai metodologi pembelajaran yang mendidik, dan memiliki kepribadian sebagai guru. Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di SMK N 2 Klaten yang beralamat di Senden, Ngawen, Klaten Utara, Klaten dan berlangsung dari tanggal 15 September 2017 – 15 November 2017. Kegiatan PLT dalam jurusan Teknik Gambar Bangunan dibagi menjadi bagian yaitu persiapan, pelaksanaan dan analisis hasil. Persiapan PLT diantaranya adalah Pembelajaran Mikro (Mickroteaching), Observasi kelas, dan persiapan sebelum mengajar. Pelaksanaan merupakan hasil dari implementasi persiapan yang. Dalam pelaksanaan dilakukan praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 18 kali praktik mengajar dan beberapa program lain yang mendukung. Pelaksanaan PPL meliputi: persiapan (Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Pembuatan Media Pembelajaran, Konsultasi dengan guru pembimbing), Pelaksanaan (Praktik mengajar berdasarkan RPP yang sudah dibuat). Meskipun dalam pelaksanaannya terdapat hambatan-hambatan namun hal tersebut tidak menjadi masalah yang berarti. Banyak manfaat dan pengalaman yang didapat mahasiswa praktikan selama dua bulan melaksanakan PLT di SMK N 2 Klaten.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, laporan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Aug 2018 05:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58261

Actions (login required)

View Item View Item