Pengaruh Aksesibilitas Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Di Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan

Handayani, Nur Vitri (2018) Pengaruh Aksesibilitas Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Di Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nur-vitri-handayani-15705251030.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) pengaruh aksesibilitas terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi di Kabupaten OKU Sumatera Selatan; (2) pengaruh lingkungan sosial terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi di Kabupaten OKU Sumatera Selatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi; dan (3) pengaruh antara aksesibilitas dan lingkungan sosial terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi di Kabupaten OKU Sumatera Selatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Penelitian ini merupakan survei dengan desain dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri jurusan IPS di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 228 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Validitas instrumen yang digunakan yaitu validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas instrumen menggunakan alpha Cronbach dengan bantuan program SPSS for windows 22.0. Teknik analisis data menggunakan regresi linear ganda dua prediktor Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh positif dan signifikan aksesibilitas terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi di Kabupaten OKU. Peningkatan minat siswa dipengaruhi dengan adanya aksesisibilitas yang baik.(2) ada pengaruh positif dan signifikan lingkungan sosial terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi di Kabupaten OKU. Peningkatan minat siswa dipengaruhi dengan adanya lingkungan sosial yang mendukung. (3) ada terdapat pengaruh positif dan signifikan antara aksesibilitas dan lingkungan sosial terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi di Kabupaten OKU. Kedua variabel tersebut dapat dikatakan bahwa aksesibilitas dan lingkungan sosial sama sama berpengaruh terhadap minat sekolah siswa, artinya jika kedua variabel tersebut baik maka minat melanjutkkan ke perguruan tinggi di kabupaten OKU akan meningkat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: aksesibilitas, lingkungan sosial, minat
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Aug 2018 07:34
Last Modified: 09 May 2019 08:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58257

Actions (login required)

View Item View Item