LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Patriatdin Riyadi Baitipur, Patriatdin Riyadi Baitipur (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMK NEGERI 2 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Patriatdin RB_PT Mesin_14503244006.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan program kegiatan yang bertujuan mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik dan dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan. Dengan program PLT mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata dalam proses belajar mengajar di lokasi sekolah mahasiswa ditempatkan. Standar kompetensi PLT dirumuskan dengan mengacu dalam konteks kehidupan guru sebagai anggota masyarakat yakni kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. PLT juga memberikan pengalaman baik yang menyangkut proses kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan di luar kelas yang sifatnya terpadu sebagai sarana untuk mendapatkan pengalaman faktual mengenai proses pembelajaran dan pendidikan lainnya, sehingga mampu menjadi pendidik profesional. Salah satu sekolah yang dijadikan lokasi program PLT adalah SMK Negeri 2 Klaten. SMK Negeri 2 Klaten berlokasi di Desa Senden, Kecamatan Ngawen, Klaten. Pelaksanaan PLT dimulai sejak tanggal 15 September 2017 sampai dengan 20 November 2017. Kegiatan PLT sendiri terdiri dari 4 kegiatan pokok, yakni: 1) Perencanaan Pembelajaran 2) Pelaksanaan Pembelajaran 3) Evaluasi Pembelajaran. Pada tahap persiapan diperlukan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tahap pelaksanaan diperlukan kemampuan menguasai kelas, tahap evaluasi diperlukan instrumen penilaian dan metode penilaian yang digunakan. Mahasiswa diberikan tugas untuk mengajar mata pelajaran Gambar Teknik kelas X TFLM A dan B. Mahasiswa mengajar total 16 kali pertemuan atau 64 jam pelajaran atau selama 48 jam. Pada akhir kegiatan PLT mahasiswa telah membuat 8 buah RPP. Dengan rincian 2 buah RPP mengenai materi Konstruksi Geometris, 2 buah RPP mengenai materi Gambar Bukaan, 2 buah RPP mengenai Gambar Potongan, dan 2 buah RPP mengenai materi Gambar Potongan. Pada pelaksanaan pembelajaran mahasiswa menyimpulkan bahwa metode diskusi dan tanya jawab merupakan metode yang sesuai digunakan di kelas X TFLM. Sedangkan untuk proses evaluasi, mahasiswa telah melakukan 2 kali ujian tertulis dan 4 kali penugasan gambar. Untuk ujian tertulis penilaian menggunakan bantuan program Anbuso (Analisis Butir Soal) untuk mendapatkan hasil evaluasi yang valid. Sedangkan untuk penilaian penugasan gambar menggunakan format penilaian gambar teknik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT; Mengajar; Gambar Teknik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Aug 2018 05:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58252

Actions (login required)

View Item View Item