KESIAPAN PRAKTIK INDUSTRI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AUDIO VIDEO SMK PIRI 1 YOGYAKARTA DITINJAU DARI PENGETAHUAN TROUBLESHOOTING, SIKAP DAN KETERAMPILAN PRAKTIK

Hadi, Rizali (2010) KESIAPAN PRAKTIK INDUSTRI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AUDIO VIDEO SMK PIRI 1 YOGYAKARTA DITINJAU DARI PENGETAHUAN TROUBLESHOOTING, SIKAP DAN KETERAMPILAN PRAKTIK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Rizali_hadi.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hubungan aspek pengetahuan dengan kesiapan praktik industri siswa kelas XI program keahlian audio video SMK PIRI 1 Yogyakarta. (2) Mengetahui hubungan aspek sikap dengan kesiapan praktik industri siswa kelas XI program keahlian audio video SMK PIRI 1 Yogyakarta. (3) Mengetahui hubungan aspek keterampilan praktik dengan kesiapan praktik industri siswa kelas XI program keahlian audio video SMK PIRI 1 Yogyakarta. (4) Mengetahui hubungan antara aspek pengetahuan troubleshooting, sikap dan keterampilan praktik dengan kesiapan praktik industri siswa kelas XI program keahlian audio video SMK PIRI 1 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian audio video SMK PIRI 1 Yogyakarta yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh sehingga dapat dikatakan sebagai penelitian studi kasus populasi. Pengumpulan data untuk variabel kesiapan praktik industri siswa dan sikap menggunakan metode angket dengan bentuk jawaban skala Likert dan rentang skor 1-4, untuk variabel pengetahuan troubleshooting siswa menggunakan metode tes kognitif berbentuk multiple choice dengan empat pilihan, sedangkan variabel keterampilan praktik menggunakan metode observasi berupa test performance Uji Kompetensi Kelas. Validasi isi instrumen diukur dengan judgement expert dan diuji dengan analisis korelasi Product Moment. Sedangkan reliabilitas instrumen diukur dengan rumus koefisien Alpha Cronbach. Untuk instrumen kesiapan praktik industri siswa mempunyai tingkat reliabilitas sebesar 0,947, instrumen pengetahuan troubleshooting siswa mempunyai tingkat reliabilitas sebesar 0,840, instrumen sikap siswa mempunyai tingkat reliabilitas sebesar 0,894. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis korelasi Spearman Rank dan analisis korelasi ganda dengan tiga prediktor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif antara aspek pengetahuan troubleshooting siswa dengan kesiapan praktik industri siswa dengan koefisien korelasi 0,559. (2) Terdapat hubungan yang positif antara aspek sikap dengan kesiapan praktik industri siswa dengan koefisien korelasi 0,510. (3) Terdapat hubungan yang positif antara aspek keterampilan praktik siswa dengan kesiapan praktik industri siswa dengan koefisien korelasi 0,594. (4) Terdapat hubungan yang positif antara aspek pengetahuan troubleshooting, sikap dan keterampilan praktik dengan kesiapan praktik industri, dengan Rhohitung sebesar koefisien korelasi 0,822 dan Fhitung sebesar 10,143.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 18 Sep 2012 08:46
Last Modified: 29 Jan 2019 16:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5825

Actions (login required)

View Item View Item