Pengembangan Physcis Comprehensive Contextual Teaching Material (PhyCCTM) berbantuan Aplikasi Android untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Curiosity Siswa SMA

Al idrus, Syayid Qosim M. Jafar (2018) Pengembangan Physcis Comprehensive Contextual Teaching Material (PhyCCTM) berbantuan Aplikasi Android untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Curiosity Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-syayid-qosim-m-jafar-al-idrus-15726251018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan PhyCCTM berbantuan aplikasi android untuk meningkatkan HOTS dan curiosity siswa, (2) mengetahui Peningkatan HOTS dan curiosity siswa menggunakan PhyCCTM berbantuan aplikasi android, dan (3) mengetahui pengaruh penggunaan perangkat PhyCCTM berbantuan aplikasi android yang dikembangkan dalam pembelajaran fisika pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap HOTS dan curiosity siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahapan yakni tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (desseminate). Uji terbatas dilakukan pada SMA Bahrul Magfirah Malang dan SMA Wisnu Wardhana Malang dengan melakukan proses pembelajaran dan mengujikan produk yang dikembangkan. Uji coba luas dilakukan di SMAN 1 Malang, SMAN 4 Malang, SMAN 6 Malang, SMA Katolik Frateran Malang dan SMA Muhamadiyah 1 Malang. Setiap sekolah pada uji coba luas melibatkan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan PhyCCTM berbantuan aplikasi android: (1) layak digunakan untuk meningkatkan HOTS dan curiosity siswa SMA dengan kategori “baik”. (2) dapat meningkatkan HOTS siswa dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 pada uji terbatas. (3) dapat meningkatkan curiosity siswa dengan kategori “sedang”. (4) memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan HOTS dan curiosity siswa dengan nilai sig. sebesar 0,000 pada uji luas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PhyCCTM, aplikasi android, higher order thinking skills, dan curiosity
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:38
Last Modified: 27 Nov 2023 07:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58243

Actions (login required)

View Item View Item