Pengembangan Physics Mobile Learning Media (PMLM) Interaktif Dengan Pendekatan Scaffolding Materi Hukum Newton Untuk Meningkatkan HOTS dan Psikomotor Siswa SMA

Alfi, Syamiah (2018) Pengembangan Physics Mobile Learning Media (PMLM) Interaktif Dengan Pendekatan Scaffolding Materi Hukum Newton Untuk Meningkatkan HOTS dan Psikomotor Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-syamsiah-alfi-16726251038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan Physics Mobile Learning Media (PMLM) Interaktif dengan pendekatan Scaffolding yang layak untuk meningkatkan HOTS dan psikomotor siswa, dan (2) mengetahui seberapa besar pengaruh implementasi Physics Mobile Learning Media (PMLM) Interaktif dengan pendekatan Scaffolding terhadap peningkatkan HOTS dan psikomotor siswa SMA. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model Borg & Gall, yang meliputi enam tahap utama yang meliputi: (1) pengumpulan informasi, (2) perencanaan produk, (3) pengembangan produk, (4) validasi produk, (5) evaluasi dan (6) diseminasi. Validasi produk dilakukan oleh satu ahli materi fisika, satu ahli media dan empat orang guru fisika. Subjek uji coba empiris terdiri dari 200 orang siswa yang tersebar di kelas XI MIA SMAN 3 Kuala Tungkal dan SMAN 10 Kota Jambi, dengan tingkat kognitif yang berbeda. Subjek Uji coba terbatas terdiri dari 30 orang siswa kelas X SMAN 3 Kuala Tungkal. Subjek uji luas kelas X MIA, terdiri dari tiga sekolah yang berbeda yaitu SMAN 5 Kota Jambi, SMAN 10 Kota Jambi dan SMAN 11 Kota Jambi. Subjek uji coba luas kelas kontrol sebanyak 90 siswa dan kelas eksperimen 90 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket penilaian kualitas media, lembar observasi praktikum, tes kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan lembar penilaian perangkat pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis gain, MANOVA dengan taraf signifikansi 5%, dan analisis Effect Size. Penelitian ini menghasilkan produk Physics Mobile Learning Media (PMLM) Interaktif dengan pendekatan scaffolding sebagai penunjang dari proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penilaian ahli, guru fisika dan respon siswa, media PMLM dan perangkat pembelajaran yang digunakan layak untuk meningkatkan HOTS dan keterampilan psikomotor siswa SMA. Penerapan Physics Mobile Learning Media (PMLM) Interaktif dengan pendekatan scaffolding mampu untuk meningkatkan HOTS dan keterampilan psikomotor siswa secara signifikan, hal ini dapat di lihat dari analisis effect size. Nilai Cohen’s f untuk HOTS sebesar 0,36 dalam kategori large effect size dan keterampilan psikomotor sebesar 0,116 dalam kategori medium effect size. Perbedaan hasil akhir antara kelas kontrol dan eksperimen ditunjukkan oleh nilai gain kelas eksperimen yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Gain HOTS untuk kelas eksperimen sebesar 0,58 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 0,47. Keterampilan psikomotor rata-rata nilai gain kelas eksperimen sebesar 0,69 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,57

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: physics mobile learning media interaktif, pendekatan scaffolding, HOTS, psikomotor
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:18
Last Modified: 27 Nov 2023 07:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58238

Actions (login required)

View Item View Item