LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

TRI LESTARI, TRI LESTARI (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14802241004_TRI LESTARI_Pendidikan Administrasi Perkantoran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa di semua jurusan pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa keterampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tujuan lain penulis melaksanakan PPL di SMK N 1 Wonosari adalah memberi kesempatan pada penulis untuk mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi yang mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyrakat, serta membuna tenaga kependidikan. Salah satu usaha untuk memenuhi tugas tersebut adalah mengikuti mata kuliah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Sesuai dengan visi PLT UNY yaitu sebagai wahana pembentuk calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Sekolah yang menjadi tujuan PLT yaitu di SMK Negeri 1 Wonosari yang beralamat di Jalan Veteran, Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berbagai program dan kegiatan PLT telah dilaksanakan. Kegiatan PLT yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Hasil yang dicapai dari pelaksanaan program individu tersebut adalah memberikan perubahan proses pembelajaran yang aktif dan menarik, kondusif, tepat materi serta melatih ketrampilan proses siswa dalam belajar Administrasi Perkantoran, khususnya pada mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana di kelas XI AP1, XI AP2, dan XI AP3. Selain itu program PLT (kegiatan non mengajar) yang dilaksanakan adalah piket lobby, pendampingan kegiatan OSIS, Pendampingan Kegiatan Tonti, Kegiatan Pramuka, Membantu Gurui dan menonton film G30S/PKI. Secara garis besar, ix program-program individu dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat bagi kemajuan pribadi penyusun, siswa, guru dan sekolah dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah untuk saat ini maupun di masa yang akan datang. Hasil pelaksanaan PLT di SMK Negeri 1 Wonosari mulai dari 15 September sampai dengan 15 November 2017 antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan (kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial) yang diperoleh dalam materi kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta dengan baik. Praktikan mendapat kesempatan 8 kali pertemuan di kelas XI AP1, XI AP2, dan XI AP3. Materi yang diajarkan yaitu kompetensi dasar 2 (dua) : 1. Memgidentifikasi Funsi Manajemen Sarana dan Prasarana, 2. Menerapkan Fungsi Manajemen Sarana dan Prasarana. Setelah melaksanakan praktik mengajar, maka didapatkan hasil bahwa siswa SMK N 1 Wonosarirata-rata mempunyai kesungguhan belajar yang tinggi. Mereka cukup aktif dan memiliki motivasi untuk terus belajar. Selain itu, dalam mewujudkan output yang baik, pihak sekolah telah menjalankan lembaganya secara professional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, menjalin hubungan antar personal, melengkapi sarana dan prasarana serta tertib administrasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing, SMK N 1 Wonosari 2017
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Aug 2018 04:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58228

Actions (login required)

View Item View Item