LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

EKA YULIARISANI, EKA YULIARISANI (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14802241008_EKA YULIARISANI_Pendidikan Administrasi Perkantoran.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai suatu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) bertujuan memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan keguruan. Sesuai dengan visi PLT UNY yaitu sebagai wahana pembentuk calon guru atau tenaga kependidikan yang professional, pada kesempatan ini sekolah yang menjadi tujuan PLT yaitu di SMK Negeri 1 Wonosari. Pelaksanaan PLT mulai dari tanggal 15 September sampai dengan 15 November. Kegiatan PLT yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Praktikan mendapat kesempatan mengajar 8 kali pertemuan di kelas XI AP1, XI AP2, dan XI AP3. Materi yang diajarkan yaitu kompetensi dasar: 1) Mencontohkan Proses Penerimaan dan Pengeluaran Uang, dan 2) Mengoperasikan Alur Pembayaran Uang Tunai Melalui Kas. Selain itu program PLT (kegiatan non mengajar) yang dilaksanakan adalah piket lobby, pendampingan kegiatan OSIS, dan pendampingan kegiatan pramuka. Hasil pelaksanaan PLT ini dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan pengembangan kompetensi keguruan serta kependidikan (kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial) yang diperoleh selama kuliah di UNY dengan baik. Program individu yang sudah dilaksanakan tersebut dapat memberikan perubahan proses pembelajaran yang aktif dan menarik, serta melatih ketrampilan proses siswa dalam belajar Administrasi Perkantoran, khususnya pada mata pelajaran Administrasi Keuangan. Secara garis besar, program-program PLT dapat terlaksana dengan baik dan dapat memberikan manfaat bagi kemajuan pribadi penyusun, siswa, guru dan sekolah dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi, hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik dari pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing, SMK N 1 Wonosari 2017
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Aug 2018 03:11
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58227

Actions (login required)

View Item View Item