ANALISIS PENGARUH FAKTOR INTERNAL BANK TERHADAP CAPITAL BUFFER PADA INDUSTRI PERBANKAN DI INDONESIA

Effendi, Tyas Utaminingrum (2018) ANALISIS PENGARUH FAKTOR INTERNAL BANK TERHADAP CAPITAL BUFFER PADA INDUSTRI PERBANKAN DI INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
TyasUtaminingrumEffendi_14808141006.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal bank terhadap capital buffer pada Bank Umum Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel penelitian yang digunakan adalah Return on Equity (ROE), Non Performing Loans (NPL), Lag of Capital Buffer (BUFFt-1), Loan to Total Assets (LOTA), dan Income Diversification (IDIV). Periode penelitian yang digunakan adalah tahun 2012–2016. Teknik pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 20 Bank Umum Konvensional dengan periode pengamatan selama lima tahun (2012-2016). Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan metode Ordinary Least Square. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa Return On Equity (ROE), Non Performing Loans (NPL), Loan to Total Assets (LOTA) dan Income Diversification (IDIV) tidak berpengaruh terhadap Capital Buffer. Lag of Capital Buffer (BUFFt-1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Capital Buffer. Hasil uji kesesuaian model menunjukkan bahwa secara simultan Return on Equity (ROE), Non-Performing Loans (NPL), Lag of Capital Buffer (BUFFt-1), Loan to Total Assets (LOTA), dan Income Diversification (IDIV) berpengaruh terhadap Capital Buffer. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 23,717 dan nilai signifikansi 0,000. Hasil koefisien determinasi (adjusted R2) menunjukkan bahwa pengaruh Return on Equity (ROE), Non-Performing Loans (NPL), Lag of Capital Buffer (BUFFt-1), Loan to Total Assets (LOTA), dan Income Diversification (IDIV) dalam menjelaskan Capital Buffer sebesar 53,4%, dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Persamaan regresi linier berganda dalam penelitian ini dirumuskan dengan: Y = 7,716 - 0,043ROE - 0,371NPL + 0,759BUFFt-1 – 0,042LOTA – 0,033IDIV + e

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Capital Buffer, Return on Equity (ROE), Non Performing Loans (NPL), Lag of Capital Buffer (BUFFt-1), Loan to Total Assets (LOTA), Income Diversification (IDIV)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 18 Aug 2018 04:55
Last Modified: 30 Jan 2019 16:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58224

Actions (login required)

View Item View Item