Pengembangan SSP Fisika Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Berpikir Analisis Peserta Didik SMA

Setiaji, Bayu (2018) Pengembangan SSP Fisika Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Berpikir Analisis Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis_Bayu Setiaji_16726251017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan: (1) menghasilkan SSP dalam model PBM berbantuan e-learning yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika; (2) mengetahui keefektifan SSP dalam model PBM berbantuan e-learning terhadap peningkatan literasi sains peserta didik; (3) mengetahui keefektifan SSP dalam model PBM berbantuan e-learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir analisis peserta didik; dan (4) mengetahui perbedaan efektivitas penggunaan SSP dalam model PBM berbantuan e-learning dengan pembelajaran PBM dan ekspositori terhadap peningkatan kemampuan literasi sains dan kemampuan berpikir analisis peserta didik. Desain penelitian ini merupakan penelitian R & D (research and development) dengan model 4D mengacu pada Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Langkah-langkah pengembangan meliputi: (1) define, terdiri dari studi pendahuluan, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, spesifikasi tujuan pembelajaran, dan penyusunan perangkat penelitian dan tes, (2) design, berkaitan dengan pemilihan media, pemilihan format SSP, dan desain awal SSP, (3) develop, merupakan tahap revisi SSP berdasarkan saran dari validator kemudian dilakukan ujicoba terbatas dan ujicoba lapangan di MAN 1 Yogyakarta, (4) disseminate, penyebarluasan produk SSP pada guru MAN 1 Yogyakarta. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN 1 Yogyakarta. Produk yang dikembangkan berupa RPP, LKPD. Instrumen kelayakan produk berupa lembar observasi kelayakan produk, lembar validasi produk, angket respon peserta didik terhadap LKPD, dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Instrumen literasi sains berupa angket dan soal pilihan ganda. Instrumen kemampuan berpikir analisis berupa soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis inferensial menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini adalah: (1) SSP model PBM berbantuan e-learning yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika berdasarkan penilaian validator dan berdasarkan ujicoba di MAN 1 Yogyakarta; (2) SSP model PBM berbantuan e-learning yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik; (3) SSP model PBM berbantuan e-learning yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik; dan (4) terdapat perbedaan efektivitas penggunaan SSP dalam model PBM berbantuan e-learning dengan pembelajaran PBM dan ekspositori terhadap peningkatan kemampuan literasi sains dan kemampuan berpikir analisis peserta didik MAN 1 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SSP, model PBM, e-learning, kemampuan literasi sains, kemampuan berpikir analisis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Aug 2018 04:46
Last Modified: 21 Nov 2023 08:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58213

Actions (login required)

View Item View Item