LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN

RIDHA NUR AISYI, RIDHA NUR AISYI (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pendidikan B Inggris_Ridha Nur Aisyi_14202241065.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 15 September – 15 November 2017 merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa untuk merasakan pengalaman mengajar yang nyata serta wadah untuk meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PLT yang bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar, mengharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PLT pada semester genap tahun 2017 ini adalah di SMA Negeri 1 Jogonalan. Adapun mahasiswa UNY yang melaksanakan PLT di SMA Negeri 1 Jogonalan berjumlah 12 orang, yang terdiri dari 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Sejarah, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Fisika, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Sosiologi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, dan 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 15 pertemuan di beberapa kelas yakni X IPS 1, X IPS 2, X IPS 3, X IPS 4, XI IPS 2, XI IPA 2. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Bahasa Inggris dengan materi ajar yaitu; descriptive text, invitation, announcement, asking and giving opinion dan asking and offering help. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah saintifik, pendekatan berbasis teks (genre-based approach), ceramah dan tanya jawab. Media yang digunakan adalah gambar, audio, dan video. Alat yang digunakan adalah speaker, LCD proyektor, dan papan tulis. Secara umum, program-program PLT yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan-hambatan. Hambatan yang ditemui mahasiswa PLT adalah minimnya pengalaman mengajar. Ketika mengajar, mahasiswa masih berusaha untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dimana materi yang disampaikan dapat dipahami oleh siswa dan terciptanya suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa. Untuk mengatasi hambatan tersebut, mahasiswa lebih seksama memperhatikan penyusunan RPP dan selalu berkonsultasi dengan beberapa guru bahasa Inggris yang bersangkutan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Bahasa Inggris, SMA Negeri 1 Jogonalan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 Aug 2018 03:22
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58189

Actions (login required)

View Item View Item