Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Babad Tanah Sunda Babad Cirebon Sebagai Alternatif Bahan Ajar: Sebuah Pendekatan Sosiologi Sastra

Nuari, Riyan (2018) Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Babad Tanah Sunda Babad Cirebon Sebagai Alternatif Bahan Ajar: Sebuah Pendekatan Sosiologi Sastra. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-riyani-nuari-15706251026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam Babad Tanah Sunda Babad Cirebon dan mendeskripsikan penggunaan nilai-nilai pendidikan multikultural sebagai alternatif bahan ajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi sastra model Alan Swingewood. Objek formal dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan multikultural dalam Babad Tanah Sunda Babad Cirebon serta mendeskripsikan penggunaannya sebagai alternatif bahan ajar. Objek material dalam penelitian ini adalah teks dari Babad Tanah Sunda Babad Cirebon yang dikaji. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai human instrument. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah baca dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dengan model interaktif. Validitas yang digunakan adalah validitas semantis. kemudian, didiskusikan dengan expert judgement. reliabilitas data yang digunakan adalah intrarater dan interrater. Hasil penelitian ini dipaparkan sebagai berikut. Pertama, nilai-nilai pendidikan multikultural yang ditemukan adalah Belajar hidup dalam perbedaan, Membangun rasa saling percaya (mutual trust), Memelihara rasa saling pengertian (mutual understanding), Menjunjung sikap saling menghargai (mutual respect), Terbuka dalam berpikir, Apresiasi dan interdependensi, dan Resolusi konflik dan rekonsiliasi nirkekerasan. Kedua, wujud pendidikan multikultural adalah wujud toleransi, wujud demokrasi/kebebasan, wujud kesetaraan, dan wujud Keadilan. Ketiga, tahapan yang digunakan sebagai alternatif bahan ajar, yaitu. Membaca Babad Tanah Sunda Babad Cirebon, mencari pesan, nilai, norma, dan tradisi, interpretasi, dan diskusi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Nilai pendidikan multikultural, Babad Tanah Sunda Babad Cirebon
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Aug 2018 03:28
Last Modified: 03 Nov 2022 03:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58131

Actions (login required)

View Item View Item