PERBANDINGAN TINGKAT ENGAGEMENT ANTARA POST FOTO DAN VIDEO INSTAGRAM(Studi pada Akun Instagram Perusahaan Berbasis Aplikasi Smartphone)

Ashfiya, Zaenal (2018) PERBANDINGAN TINGKAT ENGAGEMENT ANTARA POST FOTO DAN VIDEO INSTAGRAM(Studi pada Akun Instagram Perusahaan Berbasis Aplikasi Smartphone). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
MZaenalAshfiya_12808141078.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan tingkat engagement yang ditinjau dari nilai likes dan comments pada tipe-tipe konten Instagram. Subyek penelitian ini merupakan akun Instagram perusahaan-perusahaan berbasis aplikasi smartphone. Tipe-tipe konten yang diperbandingkan adalah foto, carousel, dan video. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode ex post facto dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh post Instagram yang telah diunggah oleh akun @gojekindonesia, @uber_idn, @grabid, @tokopedia, @bukalapak, @shopee_id, @jdid, @olxindonesia, dan @lazada_id. Sampel penelitian ini sebanyak 937 post yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik One-Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan signifikan antara post foto dan post video ditinjau dari likes dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 dan comments dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. (2) Tingkat engagement post foto lebih besar dibanding post video ditinjau dari likes dan comments. (3) Terdapat perbedaan siginifikan antara post foto dan post carousel ditinjau dari likes dengan nilai signifikansi 0,000 dan comments dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. (4) Tingkat engagement post foto lebih besar dibanding post carousel ditinjau dari likes dan comments. (5) Tidak terdapat perbedaan antara post carousel dan post video ditinjau dari likes yaitu dengan nilai signifikansi sebesar 0,112 dan comments dengan nilai signifikansi sebesar 0,581. (6) Post video dan post carousel memiliki tingkat engagement yang sama baik ditinjau dari likes maupun comments.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 03 Aug 2018 03:41
Last Modified: 30 Jan 2019 16:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58107

Actions (login required)

View Item View Item