LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING SMK NEGERI 1 JOGONALAN

ALIF AGUSTIANTO, ALIF AGUSTIANTO (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING SMK NEGERI 1 JOGONALAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14802241047_Alif Agustianto_FE_PADP_SMKN 1 Jogonalan.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap Mahasiswa program kependidikan. Tujuan dilaksakannya kegiatan ini adalah memberikan pengalaman kepada Mahasiswa dalam bidang pembelajaran, manajerial dan teknik mengajar di sekolah atau lembaga lain dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Program PLT ini berusaha memberdayakan masyarakat sekolah secara maksimal sesuai dengan kemampuan. PLT dimulai tanggal 15 September 2017 sampai 15 November 2017 yang bertempat di SMK Negeri 1 Jogonalan. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) telah dilaksanakan praktikan di SMK Negeri 1 Jogonalan selama kurang lebih 2 bulan, terhitung mulai 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Selama praktik mengajar, praktikan diberi tanggung jawab untuk mengajar kelas XI AP 1 dan XI AP 2. Praktikan mengampu mata pelajaran Produktif AP dengan pokok materi kearsipan untuk kelas X. Praktikan juga melakukan kegiatan lain yang mendukung kegiatan mengajar, yakni menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), analisa hasil evaluasi siswa dan menyiapkan media pembelajaran. Selain kegiatan mengajar, praktikan juga melakukan kegiatan non-mengajar, yaitu diskusi kelompok PLT, pembuatan table pengunjung perpustakaan, inventarisasi dan pelabelan buku perpustakaan, dan pembuatan pohon karir. Secara umum, pelaksanaan kegiatan PLT di SMK Negeri 1 Jogonalan berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya beberapa hambatan dapat dipastikan selalu timbul. Hambatan tersebut antara lain : dalam penguasaan kelas, pengelolaan waktu, dan kondisi sarana dan prasarana. Akan tetapi praktikan selalu berusaha untuk menekan hambatan yang terjadi, sehingga program PLT dapat terlaksana dengan lancar. Dengan adanya kegiatan PLT, praktikan mendapat bekal, pengalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan-kegiatan dalam dunia kependidikan. Adanya kerjasama, kedisiplinan, tenaga, dana, dan waktu sangat mendukung terlaksananya program-program PLT dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa PLT, Pembelajaran, SMK Negeri 1 Jogonalan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2018 03:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58101

Actions (login required)

View Item View Item