PENGARUH LATIHAN UPHILL RUNNING TERHADAP KEMAMPUAN LARI SPRINT PADA SISWA PESERTA EKTRAKURIKULER ATLETIK SMA NEGERI 2 WONOSOBO KABUPATEN WONOSOBO

Nugroho, Wahyu Puj (2018) PENGARUH LATIHAN UPHILL RUNNING TERHADAP KEMAMPUAN LARI SPRINT PADA SISWA PESERTA EKTRAKURIKULER ATLETIK SMA NEGERI 2 WONOSOBO KABUPATEN WONOSOBO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP WAHYU.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan pengaruh metode latihan uphill running terhadap kemampuan lari sprint peserta ekstrakurikuler atletik SMA Negeri 2 Wonosobo Kabupaten Wonosobo. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment design ataueksperimen semu, dengan one group pretest and posttest design. Populasi dansampel penelitian ini adalah seluruh peserta yang mengikuti ekstrakurikuler atletik nomor lari cepat atau sprint di SMA Negeri 2 Wonosobo KabupatenWonosobo yang berjumlah 8 peserta putra dan 2 peserta putri. Instrumen yang digunakan adalah tes lari 100 meter. Teknik analisis datapenelitian ini menggunakan uji t (paired sample t-test). Hasil analisis datamenunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara metode latihan uphill running terhadap kemampuan lari sprint siswa peserta ekstrakurikuler atletik SMA Negeri 2 Wonosobo. Hasil uji-t diperoleh nilai thitung (8,624) > ttabel (2,262) dan P (0,005) < α (0,05), maka terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat kemampuan lari sprint. Persentase peningkatan tersebut sebesar 2,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode latihan lari uphill running terhadap kemampuan lari sprint siswa peserta ekstrakurikuler atletik SMA Negeri 2 Wonosobo Kabupaten Wonosobo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, latihan, lari sprint, lari uphill running
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Aug 2018 07:32
Last Modified: 11 Mar 2019 01:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58099

Actions (login required)

View Item View Item