LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMK NEGERI 1 JOGONALAN

ELSA NUGRAHENI, ELSA NUGRAHENI (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMK NEGERI 1 JOGONALAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14802241020_Elsa Nugraheni_FE_PADP_SMKN 1 Jogonalan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa program studi pendidikan dari semua jurusan. Saat ini kegiatan PLT dilaksanakan secara terpadu dan dilaksanakan di sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktifitas tenaga pendidik, khususnya calon guru baik dalam segi kualitas maupun kuantitas. Praktek Pengalaman Lapangan (PLT) telah dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jogonalan selama dua bulan terhitung sejak tanggal 15 September sampai 15 November 2017. Selama praktik mengajar, penulis diberi amanah untuk mengampu kelas X dengan jumlah 2 kelas yakni XI AP 1 dan XI AP 2 pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran. Adapun keberhasilan dari pelaksanaan program-program kami tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Keterlibatan Guru Pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan peserta didik yaitu siswa-siswi SMK Negeri 1 Jogonalan akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan praktik kami. Ada pula kegiatan yang dilakukan selama melaksanakan PLT yaitu Observasi, membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Media Pembelajaran Power Point, Praktik mengajar di kelas, dan mengumpulkan Laporan Pelaksanaan PLT. Dari kegiatan PLT ini diharapkan benar-benar bermanfaat bagi terciptanya calon guru yang terampil, berpengalaman, taqwa, dan profesional sehingga mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas bagi kemajuan bangsa ini. Secara umum pelaksanaan PLT di SMK Negeri 1 Jogonalan berjalan dengan baik dan lancar berkat kerjasama yang harmonis beberapa unsur sekolah seperti Kepala Sekolah, Guru, karyawan dan Siswa. Meskipun ada beberapa hambatan ketika mengajar yaitu pengurangan jam perlajaran pada waktu-waktu tertentu yang menyebabkan pembelajaran tidak efektif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing, Kegiatan PLT, SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten, Teknologi Perkantoran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2018 03:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58098

Actions (login required)

View Item View Item