Pengembangan Panduan Konseling Realitas untuk Meningkatkan Kemampuan Konseling Individual Guru Bimbingan dan Konseling SMA di Kota Yogyakarta.

Andriawan, Pungky Rama Dhika (2018) Pengembangan Panduan Konseling Realitas untuk Meningkatkan Kemampuan Konseling Individual Guru Bimbingan dan Konseling SMA di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-pungky-rama-dhika-andriawan-14713251009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan buku panduan konseling realitas yang layak untuk meningkatkan kemampuan konseling individual guru bimbingan dan konseling SMA di kota Yogyakarta, dan (2) menguji keefektifan buku panduan konseling realitas yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan konseling individual guru bimbingan dan konseling SMA di kota Yogyakarta. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall. Penelitian dan pengembangan produk ini hanya sampai tahap uji coba awal produk lapangan dan merevisi produk utama. Subjek uji coba terdiri dari enam guru bimbingan dan konseling SMA di kota Yogyakarta. Pengujian produk dilakukan dengan menggunakan produk sebagai sarana pelatihan konseling individual untuk melatih kemampuan konseling individual guru bimbingan dan konseling SMA di kota Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian buku non-teks, tes pilihan ganda, lembar observasi simulasi konseling, self-report, pedoman wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dengan menggunakan SPSS versi 2.0 dan menghitung rata-rata hasil penerapan konseling. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Buku panduan konseling realitas tersebut layak untuk digunakan sebagai sarana pelatihan untuk melatih kemampuan konseling individual guru bimbingan dan konseling menurut ahli materi dengan skor instrumen yang dicentang 56 dari 56 jumlah item dalam instrumen dan (2) ahli media dengan skor instrumen yang dicentang 33 dari 33 jumlah item dalam instrumen. (3) Produk buku panduan konseling realitas efektif untuk meningkatkan pengetahuan guru bimbingan dan konseling terhadap teori konseling realitas yang ditunjukkan dengan uji Wilcoxon dengan hasil p= 0,027 < 0,05. (4) Hasil perhitungan uji Wilcoxon tersebut sejalan dengan nilai hitung rata-rata hasil praktik konseling setelah pelatihan yang diamati dengan menggunakan lembar observasi simulasi konseling yang diperoleh hasil 25. Hal tersebut menunjukkan bahwa guru tersebut termasuk dalam kriteria sangat terampil. Sebelum pelatihan para guru peserta pelatihan kurang memahami cara menerapkan konseling individual dengan pendekatan konseling realitas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: konseling realitas, buku panduan konseling realitas, kemampuan konseling individual, konseling di sekolah, pelatihan konseling, penerapan konseling realitas
Subjects: Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Aug 2018 07:25
Last Modified: 26 Oct 2022 06:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58097

Actions (login required)

View Item View Item