LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

TRI ANDRIYATI, TRI ANDRIYATI (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14802241003_Tri Andriyati_FE_PADP_SMKN 1 Jogonalan.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan wahana untuk mengaplikasikan ilmu yang telah terima di bangku kuliah secara langsung di lembaga pendidikan (sekolah). Kegiatan PLT ini bertujuan memberikan pengalaman lapangan faktual mengenai proses pembelajaran dan kegiatan administrasi sekolah lainnya, sehingga dapat digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional, memiliki sikap ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam bidang keprofesian. Kegiatan PLT ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PLT langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMK Negeri 1 Jogonalan, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 15 September 2017 hingga tanggal 15 November 2017. Pelaksanaan PLT ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Selama praktik mengajar, penulis diberi amanah untuk mengampu kelas X dengan jumlah 2 kelas yakni XAP1 dan XAP2 pada mata pelajaran Administrasi Umum. Adapun keberhasilan dari pelaksanaan program-program kami tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Keterlibatan Guru Pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan peserta didik yaitu siswa-siswi SMK Negeri 1 Jogonalan akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan praktik kami. Ada pula kegiatan yang dilakukan selama melaksanakan PLT yaitu Observasi, membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Modul, Media Pembelajaran Power Point, Praktik mengajar di kelas, dan mengumpulkan Laporan Pelaksanaan PLT. Dari kegiatan PLT ini diharapkan benar-benar bermanfaat bagi terciptanya calon guru yang terampil, berpengalaman, taqwa, dan profesional sehingga mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas bagi kemajuan bangsa ini. Secara umum pelaksanaan PLT di SMK Negeri 1 Jogonalan berjalan dengan baik dan lancar berkat kerjasama yang harmonis beberapa unsur sekolah seperti Kepala Sekolah, Guru, karyawan dan Siswa. Terdapat kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PLT, diantaranya dalam pengelolaan kelas, peserta didik sulit untuk dikendalikan karena terlalu gaduh. Akan tetapi hal ini bukanlah merupakan hambatan yang berarti, karena memang perkembangan anak SMK kelas X sedang dalam proses pencarian jati diri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMK Negeri 1 Jogonalan, pembelajaran, Administrasi Umum
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:22
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58095

Actions (login required)

View Item View Item