LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMP NEGERI 4 WONOSARI

Royyan Prihatmoko, Royyan Prihatmoko (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMP NEGERI 4 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14208244021_ROYYAN PRIHATMOKO_PENDIDIKAN SENI MUSIK.pdf

Download (935kB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Tujuan diadakannya mata kuliah ini adalah untuk mengembangkan potensi keguruan atau kependidikan. Sebelum memulai untuk melakukan kegiatan mengajar, terlebih dahulu mahasiswa melakukan persiapan yaitu mengikuti mata kuliah pengajaran mikro, pembekalan PLT dan observasi untuk memperoleh data yang diperlukan untuk menyusun program kerja. Dari hasil observasi diketahui beberapa permasalahan di sekolah maupun potensi yang sebenarnya dapat dikembangkan di sekolah tetapi belum diberdayakan serta dapat mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan program PLT. Berdasarkan kondisi yang ada, maka mahasiswa merencanakan beberapa program yang dilaksanakan selama PLT. Program PLT yaitu Konsultasi dengan guru pembimbing, konsultasi dengan dosen pembimbing PLT, perangkat pembelajaran (penyusunan peta kompetensi, peta konsep, silabus, RPP), mencari bahan untuk mengajar, mengajar, membuat lembar kerja siswa, membuat soal ulangan harian, mengoreksi lembar kerja siswa, mengoreksi ulangan harian, memasukkan nilai lembar kerja siswa, memasukkan nilai ujian/ulangan harian, pembuatan media, dan pembuatan laporan, dan administrasi guru. Secara umum, program berjalan baik melalui bimbingan. Selain itu, mahasiswa juga memperoleh pengalaman dan pemahaman mengenai proses pendidikan dan pembelajaran di SMP N 4 Wonosari, memperoleh pengalaman tentang cara berfikir dan bekerja di lingkungan sekolah, dan memperoleh pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMP N 4 Wonosari, pembelajaran.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2018 03:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58079

Actions (login required)

View Item View Item