LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERMBIMBING DI SMK KRISTEN 1 KLATEN

ABELLIA IKE PRASTIWI, ABELLIA IKE PRASTIWI (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERMBIMBING DI SMK KRISTEN 1 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14202241070_ABELLIA IKE PRASTIWI_PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan implementasi salah satu butir Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat dalam hal ini masyarakat sekolah. Kegiatan PLT menuntut mahasiswa untuk bisa berkreasi dalam penerapan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama belajar di Universitas Negeri Yogyakarta dan kemudian dikembangkan dalam kegiatan kependidikan sebagai pendidik. Dalam praktik mengajar ini, mahasiswa mendapatkan kesempatan oleh guru pembimbing untuk mengajar kelas VII E,VIII D dan VIII E dengan harapan mahasiswa memiliki pengalaman mengajar masing-masing kelas yang memiliki karakter yang berbeda, sehingga pengalaman dan wawasan semakin luas. Pelaksanaan praktik mengajar diambil dari jadwal guru pembimbing, dengan jadwal dan alokasi waktu jam pelajaran guru mata pelajaran Bahasa Inggris. Adapun alokasi waktu mengajar adalah 1 jam pelajaran = 40 menit. Pengajaran di kelas pada kegiatan PLT ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan, namun mahasiswa dapat melakukan kegiatan pembelajaran di kelas lebih dari batas minimum tersebut dalam satu kelas. Kelas yang digunakan untuk kegiatan PLL adalah VII E . VIII D dan VIIIE Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar, video, slide power point, dan Lembar Kerja Siswa. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PLT, diantaranya dalam pengelolaan kelas, peserta didik sulit untuk dikendalikan karena terlalu gaduh. Akan tetapi hal ini bukanlah merupakan hambatan yang berarti, karena memang perkembangan anak usia SMP sedang dalam proses pencarian jati diri dan besarnya rasa ingin tahu mereka terhadap teman- temannya. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai sifat dan karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan bahan ajar yang akan diajarkan, belajar untuk mengatasi hambatan-hambatan yang muncul saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan menjalin komunikasi yang baik antara semua pihak yang berkaitan, misalnya dengan Bapak/Ibu guru dan karyawan yang berada di SMP Negeri 4 Wonosari, serta rekan PLT lainnya. Secara umum, kegiatan PLT di SMP Negeri 4 Wonosari dapat berjalan dengan lancar, hal ini dikarenakan banyaknya faktor pendukung selama kegiatan PLT, diantaranya adalah fasilitas sekolah, guru pembimbing, rekan sejawat, dll. Untuk memperoleh hasil yang lebih baik perlu ditingkatkan lagi koordinasi antara viii LPPMP, DPL PLT dan sekolah agar dapat memberikan informasi yang akurat kepada praktikan PLT sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PLT 2017 dapat berjalan lancar. Kelancaran pelaksanaan program PLT UNY 2017 ini tidak terlepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah, pihak Universitas, mahasiswa serta siswa SMP Negeri 4 Wonosari.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: UNY, PLT, SMP Negeri 4 Wonosari.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2018 03:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58078

Actions (login required)

View Item View Item