LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (PLT UNY)

Randriamanjato Yanja Harilala, Randriamanjato Yanja Harilala (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (PLT UNY). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN Yanja.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan suatu wadah untuk menerapkan/mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah dipelajari dalam bidang keahlian maupun ilmu keguruan yang berkaitan denganpeserta didik dalam proses belajar mengajar. Program Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) ini juga bertujuan untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang profesional maka pelaksanaan PLT ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki realita dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Praktek mengajar berperan dalam memberi bekal bagi penulis dalam dunia pendidikan pada umumnya dan sebagai guru pada khususnya. Praktek lapangan Terbinbing atau praktek mengajar ini mulai dilaksanakan pada tanggal 15 September s.d. 15 November 2017 yang berlokasi di SMK Kristen 1 Klaten Jalan Diponegoro,Gumulan, Kacamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten. Dalam praktek mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang dilaksanakan. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah. Dalam bimbingan PLT, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas XI TGB dan XII TGB. Kurikulum yang digunakan untuk siswa kelas XI sudah menggunakan Kurikulum 2013 dan XII menggunakan KTSP, maka untuk itu Penulis membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mengikuti kurikulum 2013 dan KTSP. Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah metode diskusi,demonstrasi, praktek, latihan. Sedangkan media yang digunakan adalah papan tulis dan peralatannya, lembar kerja/jobsheet. Kegiatan praktek mengajar dilakukan di ruang gambar. Dari waktu yang diberikan praktekan dapat mengajar sebanyak 2 kali pertemuan mata pelajaran Gambar Teknik Bangunan kelas XI TGB, 2 kali pertemuan mata pelajaran Pemetaan Gambar Teknik Bangunan Kelas XII TGB.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2018 03:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58073

Actions (login required)

View Item View Item