Pengaruh Metode Latihan (Interval Training dan HIIT) dan Kapasitas Aerobik terhadap Daya Tahan Anaerobik Atlet Taekwondo di Dojang Lampung Barat

Satria, Guntur Yuli (2018) Pengaruh Metode Latihan (Interval Training dan HIIT) dan Kapasitas Aerobik terhadap Daya Tahan Anaerobik Atlet Taekwondo di Dojang Lampung Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-guntur-yuli-satria- 15711251067.swf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan pengaruh yang signifikan (1) metode latihan Interval Training dan HIIT terhadap daya tahan anaerobik;(2) atlet yang mempunyai kapasitas aerobiktinggi dan rendahterhadap daya tahananaerobik; dan (3) interaksi antara metode latihan (Interval Training dan HIIT) dan kapasistas aerobik (tinggi dan rendah) terhadap daya tahan anaerobik atlet taekwondo di DojangLampung Barat. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2x 2. Sampel penelitianini berjumlah20 atlet taekwondo di DojangLampung Barat, yang dipilih dari jumlah populasi 38 atlet. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kapasitas aerobik adalah Multistage Fitness Test (Bleep Test), sedangkan instrumen untuk mengukur daya tahan anaerobik adalah tes lari 300 meter. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA duajalur pada taraf signifikansi α= 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1)Ada perbedaan pengaruh yang signifikan metode latihan Interval Training dan HIIT terhadap daya tahan anaerobik atlet taekwondo DojangLampung Barat, yang terbukti dari nilai F = 14,850dan nilai p = 0,001 < 0,05. Metode latihan HIIT lebih baikdibandingkan dengan metode latihan interval trainingdengan selisih rata-rata posttestsebesar 0,791 detik. (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara atlet yang mempunyai kapasitas aerobiktinggi dan rendah terhadapdaya tahan anaerobik atlet taekwondo di DojangLampung Barat, yang terbukti darinilai F = 22,934 dannilai p = 0,000< 0,05. Atlet yang memiliki kapasitas aerobiktinggi lebih baik dibandingkan dengan atletyang memiliki kapasitas aerobikrendahdengan selisih nilai rata-rata sebesar (-) 0,983 detik. (3) Ada interaksi yang signifikan antara metode latihan (Interval Trainingdan HIIT) dan kapasistas aerobik(tinggi dan rendah) terhadap daya tahan anaerobik atlet taekwondo di Dojang Lampung Barat, yang terbukti dari nilai F = 27,428 dan nilai p = 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: latihan interval training, HIIT, kapasitas aerobik, anaerobik
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Aug 2018 03:39
Last Modified: 10 Jan 2022 04:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58057

Actions (login required)

View Item View Item