Pembelajaran E-learningPada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Yogyakarta

Arini, Yeni (2018) Pembelajaran E-learningPada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yeni-arini-14705251030.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kebijakan e-learningdalam pembelajaran mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Yogyakarta, 2) pembelajaran e-learningdilihat dari segi Sumber Daya Manusia (SDM), materi/ bahan ajar, dan infrastruktur di SMA Negeri 1 Yogyakarta, 3) mengetahui kendala yang dihadapi dalam pembelajaran e-learning di SMA Negeri 1 Yogyakarta, 4) mengetahui upaya mengatasi kendala yang dihadapi dalam pembelajaran e-learningdi SMA Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru dan siswa. Setting penelitan ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Unit analisis yang menjadi subyek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, tata usaha, dan siswa yang berada di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Sumber data merupakan subjek data tersebut diperoleh, terdiri data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan beberapa teknik sebagai berikut:perpanjangan data, meningkatkan ketekunan dan trianggulasi. Keabsahan data tesis ini diuji dengan menggunakan trianggulasi sumber, yaitu memeriksa kembali data dengan membandingkan data yang diperoleh dari berbagai sumber. Analisis data adalah proses penyederhanan data dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan di implementasikan. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan beberapa kriteria diantaranya yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam pembelajaran diberikan game atau permainan supaya pelajaran tidak membosankan. (2) Dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) diberikan tambahan guru sosiologi, dari segi materi/bahan ajar diberikan metode atau game dalam pembelajaran e-learningdi dalam kelas, dari segi infrastruktur diberikan tambahan komputer. (3) kendala yang dihadapi yaitu e-learning jarang digunakan dalam pembelajaran,internet lama sinyalnya,tampilan website kurang menarik (4) upaya mengatasi kendala tersebut yaitu siswa diberikan game tambahan, sering ada tugas tentang e-learning, pemberian reward kepada guru yang aktif dan kreatif, memotivasi sesama guru menggunakan e-learning dan kesadaran dan kemauan siswa menggunakan e- learning, menampilkan bahan ajar yang lebih variatif, meningkatkan infrastruktur dengan menambah kecepatan akses internet.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, e-learning, kebijakan
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Aug 2018 03:17
Last Modified: 09 May 2019 08:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58051

Actions (login required)

View Item View Item