PENINGKATAN SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA MATA PELAJARAN TEKNIK DIGITAL KELAS X ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK MUDA PATRIA SLEMAN

Fauzi, Ahmad Iqbal (2018) PENINGKATAN SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA MATA PELAJARAN TEKNIK DIGITAL KELAS X ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK MUDA PATRIA SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
14502241022_Ahmad Iqbal Fauzi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) meningkatkan hasil belajar siswa kelas X ELIND pada mata pelajaran Teknik Digital dengan model pembelajaran inkuiri dan (2) mengetahui sikap-sikap sosial yang ditunjukkan siswa pada proses pembelajaran Teknik Digital dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Teknik Digital. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Elektronika Industri SMK Muda Patria Sleman Yogyakarta dengan jumlah siswa 19 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, pengamatan dan dokumentasi. Uji validitas instrumen melalui expert judgement oleh dosen ahli. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan hasil belajar dengan peningkatan pada siklus I dan siklus II siswa kelas X Elektronika Industri pada mata pelajaran Teknik Digital. Hasil belajar siklus I mengalami peningkatan sebesar 18,68% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 27,93%. (2) peningkatan sikap siswa dalam hal tanggung jawab, kerjasama, percaya diri, toleransi dan kejujuran memiliki skor rata-rata 81,3% pada siklus I dan pada siklus II sikap siswa mengalami peningkatan menjadi 93,9%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Sikap, Metode Pembelajaran Inkuiri
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 03 Aug 2018 03:25
Last Modified: 30 Jan 2019 16:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58029

Actions (login required)

View Item View Item