PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR PEMROGRAMAN DASAR SISWA KELAS XI TKJ MELALUI PEMANFAATAN MODUL DI SMK NEGERI 1 BANTU

Islami, Verdian Desya (2018) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR PEMROGRAMAN DASAR SISWA KELAS XI TKJ MELALUI PEMANFAATAN MODUL DI SMK NEGERI 1 BANTU. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI - VERDIAN DESYA ISLAMI - 14520244002.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar Pemrograman Dasar siswa melalui pemanfaatan modul Pemrograman Dasar di kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 1 Bantul. Pendekatan penelitian ini tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan atau Observasi, (4) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa XI TKJ 2 di SMK Negeri 1 Bantul semester 2 pada tahun ajar 2017/2018 dengan jumlah 30 siswa. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi kemandirian belajar, angket, tes evaluasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan modul Pemrograman Dasar dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar Pemrograman Dasar siswa kelas XI TKJ 2 di SMK Negeri 1 Bantul. Peningkatan dapat dilihat dari rata-rata skor kemandirian belajar siswa. Pada pra-tindakan, rata-rata skor diperoleh 4,5 dengan persentase 16% dalam kategori sangat kurang, meningkat pada siklus I menjadi 13,4 dengan persentase 47% dalam kategori baik dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 25,1 dengan persentase 89% dalam kategori sangat baik. Peningkatan kemandirian belajar siswa terdapat pada aspek motivasi belajar siswa, penggunaan sumber belajar, strategi belajar, pemantauan diri, evaluasi diri dalam pembelajaran, dan faktor lingkungan. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 63,3% dengan nilai rata-rata 72,7 dalam kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 93,3% dengan nilai rata-rata 86,2 dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, prestasi belajar, Pemrograman Dasar, modul Pemrograman Dasar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 03 Aug 2018 03:25
Last Modified: 30 Jan 2019 16:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58028

Actions (login required)

View Item View Item