HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENJAHIT KERAH KEMEJA SECARA INDUSTRI PADA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 3 MAGELANG

Fitriyani, Eka (2018) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENJAHIT KERAH KEMEJA SECARA INDUSTRI PADA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 3 MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui minat belajar siswa pada menjahit kerah kemeja secara industri, (2) mengetahui hasil belajar siswa pada menjahit kerah kemeja secara industri, (3) membuktikan adanya hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar pada menjahit kerah kemeja secara industri kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Magelang pada menjahit kerah kemeja secara industri sebanyak 101 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 82 siswa ditentukan dengan Taro Yamane, kemudian proses pengambilan sampel ditentukan dengan teknik Proportional Random Sampling. Validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi dan validasi konstruk. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen lembar angket untuk mengukur minat belajar dan dokumentasi untuk mengumpulkan data hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data dan uji prasyarat analisis data dilakukan menggunakan SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat belajar siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Magelang berdasarkan mean sebesar 53,94 berada dalam kategori sedang dengan persentase 70%, (2) hasil belajar siswa menjahit kerah kemeja secara industri berdasarkan acuan nilai KKM 75 dengan mean sebesar 73,13 berada dalam kategori tidak kompeten dengan presentase 55%, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar (X) dengan Hasil belajar (Y) menjahit kerah kemeja secara industri kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 3 Magelang dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,606 > 0,217).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Hasil Belajar, Menjahit Kerah Kemeja
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 03 Aug 2018 03:23
Last Modified: 30 Jan 2019 16:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58027

Actions (login required)

View Item View Item