PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKARYA ASPEK PENGOLAHAN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 DEPOK TAHUN AJARAN 2017/2018

KEN UTAMI, GALIS MITA (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKARYA ASPEK PENGOLAHAN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 DEPOK TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_GALIS MITA KEN UTAMI _11511244018.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan metode pembelajaran make a match pada mata pelajaran Prakarya aspek pengolahan di SMP N 5 Depok. 2)meningkatkan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran make a match pada pembelajaran prakarya aspek pengolahan siswa kelas VIII di SMP N 5 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif menggunakan model spiral Kemmis dan Taggart dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, tindakan & pengamatan, dan refleksi. Waktu penelitian bulan Maret- Mei 2018 . Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D sejumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, tes kognitif, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Metode pembelajaran make a match yang diterapkan sesuai dengan sintak make a match dan siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, lalu guru berperan sebagai pengajar yang memantau proses pembelajaran, sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar mengajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian penerapan metode pembelajaran make a match ini dapat diketahui bahwa: 1) keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I dan siklus II yaitu mencapai 100% 2)meningkatkaan hasil belajar siswa dengan dibuktikan pada pra siklus prosentase siswa yang tuntas 47% atau 15 siswa, dan prosentase siswa yang belum tuntas 53% atau 17 siswa. siklus I hasil prosentase siswa yang tuntas 72% atau 23 siswa dan siswa yang belum tuntas 28% atau 9 siswa. siklus II hasil prosentase siswa yang tuntas 100% atau 32 siswa. berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan, bahwa penerapan metode pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar prakarya aspek pengolahan pada siswa kelas VIII D di SMP N 5 Depok. Hal ini berarti hipotesis tindakan pada penelitian ini terbukti.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pembelajaran make a match, prakarya aspek pengolahan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 03 Aug 2018 03:22
Last Modified: 30 Jan 2019 16:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58026

Actions (login required)

View Item View Item