ISOLASI DAN KARAKTERISASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER DARI BIJI MAHONI (Swietenia mahagoni Jacq.) MENGGUNAKAN METODE EKSTRAKSI SOKHLET DENGAN PELARUT ETANOL

Syahwiranto, Grandy (2018) ISOLASI DAN KARAKTERISASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER DARI BIJI MAHONI (Swietenia mahagoni Jacq.) MENGGUNAKAN METODE EKSTRAKSI SOKHLET DENGAN PELARUT ETANOL. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi senyawa metabolit sekunder dari biji mahoni menggunakan metode ekstraksi sokhlet dengan pelarut etanol 70% dan karakterisasi senyawa hasil isolasi. Sampel yang digunakan adalah biji mahoni yang telah kering lalu dihaluskan kemudian diekstrak menggunakan metode sokhlet dengan pelarut etanol 70%. Setelah hasil ekstraksi diperoleh kemudian mencari eluen dengan pemisahan terbaik menggunakan KLT. Eluen yang digunakan adalah kloroform:etil asetat. Eluen dengan pemisahan terbaik digunakan sebagai fasa gerak kromatografi kolom. Hasil isolasi kemudian dikarakterisasi menggunakan spektrofotometer UV-Vis, FTIR dan GC-MS. Hasil penelitian ini yaitu kristal tak berwarna. Hasil karakterisasi menggunakan spektroskopi UV-Vis menunjukkan adanya kromofor transisi n- yang mengandung elektron bebas, contohnya C=O atau C=C-O. Data FTIR menunjukkan adanya gugus fungsi C-O, C=O, C-H, dan O-H. Data GC-MS diperoleh satu puncak yang teranalisis dengan waktu retensi 24,525 menit dengan MS puncak dasar pada massa ion molekul m/z 207,10. Berdasarkan ketiga data belum dapat diketahui golongan senyawa hasil isolasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Jul 2018 07:01
Last Modified: 30 Jan 2019 16:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58016

Actions (login required)

View Item View Item