PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SFAE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MAPEL DLE SISWA KELAS X TAV SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Milansari, Ima Luciany (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SFAE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MAPEL DLE SISWA KELAS X TAV SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS SFAE_IMA LUCIANY M.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran SFAE (Student Facilitator and Explaining) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar pada mapel DLE (Dasar Listrik dan Elektronika) siswa kelas X TAV SMK 1 Muhammadiyah Bantul tahun ajaran 2017-2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe SFAE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TAV semester genap tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 28 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan tiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Setiap akhir siklus dilakukan evaluasi hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes evaluasi hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran SFAE dapat meningkatkan minat belajar siswa yaitu sebesar 42,91% pada siklus I dan meningkat menjadi 64,29% pada siklus II. Peningkatan minat ini dapat diketahui dari antusias siswa selama pembelajaran berupa keberanian siswa untuk memberikan pendapat dan saran, memberikan pertanyaan, siswa mampu menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, siswa mencatat materi, dan siswa mendengarkan penjelasan guru; (2) peningkatan minat belajar siswa berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kognitif maupun psikomotorik siswa. Nilai ratarata hasil belajar ranah kognitif siklus I sebesar 72,92 meningkat pada siklus II menjadi 77,71. Aspek psikomotorik siswa diperoleh rata-rata persentase Siklus I sebesar 51,96% dan Siklus II meningkat menjadi 65%. Peningkatan hasil belajar dapat diketahui dari tes hasil belajar yang dilaksanakan setiap akhir siklus.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: DLE, Kognitif, Minat, Psikomotorik, SFAE
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:44
Last Modified: 30 Jan 2019 16:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58014

Actions (login required)

View Item View Item