PENGARUH PENCUCIAN TERHADAP AKTIVITAS ANTIBAKTERI DAN HIDROFOBISITAS KAIN KATUN TERMODIFIKASI HDTMS DAN NANOPARTIKEL PERAK HASIL BIOREDUKSI

Listiyani, Eka Nenny (2018) PENGARUH PENCUCIAN TERHADAP AKTIVITAS ANTIBAKTERI DAN HIDROFOBISITAS KAIN KATUN TERMODIFIKASI HDTMS DAN NANOPARTIKEL PERAK HASIL BIOREDUKSI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK EKA NENNY LISTIYANI (14307141019).pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Kain katun tersusun dari serat alam yang berasal dari tumbuhan dan digunakan sebagai bahan baku industri tekstil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pencucian terhadap aktivitas antibakteri dan hidrofobisitas kain katun tanpa modifikasi dan dengan modifikasi menggunakan senyawa silan (HDTMS) dan nanopartikel perak. Pencucian dilakukan pada kain untuk melihat ketahanan sifat hidrofobisitas dan antibakteri pada sampel kain katun. Kain katun dimodifikasi dengan menambahkan nanopartikel perak hasil bioreduksi ekstrak daun sambiloto (Andrographis Paniculata Ness) untuk memunculkan sifat antibakteri dari kain dan dikarakterisasi menggunakan UV-Vis pada panjang gelombang 600 nm. Pengukuran aktivitas antibakteri dilakukan terhadap bakteri Escherichia coli ATCC 35218 dan Staphylococcus aureus 25923 menggunakan metode difusi dengan mengukur diameter zona bening yang terbentuk di sekeliling kain. Penambahan senyawa HDTMS digunakan untuk meningkatkan sifat hidrofobisitas kain katun. Pengukuran sudut kontak kain katun untuk mengetahui nilai hidrofobisitas dilakukan menggunakan metode sessile drop. Terdapat perbedaan aktivitas antibakteri di antara kain katun tanpa dan dengan modifikasi. HDTMS meningkatkan hidrofobisitas kain katun. Pencucian tidak mempengaruhi aktivitas antibakteri katun dalam menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus akan tetapi sedikit sulit menghabat pertumbuhan bakteri Escherichia coli. Pencucian yang dilakukan tidak mempengaruhi terhadap sifat hidrofobisitas kain yang telah termodifikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:57
Last Modified: 30 Jan 2019 16:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58013

Actions (login required)

View Item View Item