PENGARUH PENAMBAHAN ABU SEKAM PADI SEBAGAI BAHAN CAMPURAN TERHADAP SIFAT MEKANIK BATU BATA DI DESA GUNUNG CUPU, KECAMATAN SINDANGKASIH, KABUPATEN CIAMIS

Hidayati, Ratih Nurul and Prasetyowati, Rita (2018) PENGARUH PENAMBAHAN ABU SEKAM PADI SEBAGAI BAHAN CAMPURAN TERHADAP SIFAT MEKANIK BATU BATA DI DESA GUNUNG CUPU, KECAMATAN SINDANGKASIH, KABUPATEN CIAMIS. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan abu sekam padi sebagai bahan campuran dan lama waktu pembakaran batu bata terhadap sifat mekanik batu bata ditinjau dari uji porositas, susut bakar, dan kuat tekan, serta mengetahui persentase penambahan abu sekam padi dan lama waktu pembakaran terbaik pada batu bata. Penelitian ini menggunakan sampel batu bata berbentuk balok dengan ukuran panjang 22,5 cm, lebar 11 cm, dan tinggi 4 cm serta bentuk kubus dengan ukuran sisi 5 cm. Variasi komposisi abu sekam padi yang ditambahkan adalah 0%, 5%, 10%, dan 15%. Pembuatan batu bata dilakukan dengan mencetak campuran tanah liat, air dan abu sekam dengan pemadatan, pengeringan selama 3 hari dan pembakaran selama 12 jam dan 24 jam. Pengujian sifat mekanik pada batu bata meliputi uji porositas, susut bakar, dan kuat tekan. Penambahan abu sekam padi dengan persentase komposisi 5% sampai 15% dapat mempengaruh sifat mekanik batu bata yaitu menurunkan porositas dan susut bakar serta meningkatkan kuat tekan batu bata. Lama pembakaran batu bata juga berpengaruh terhadap sifat mekanik batu bata. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh masing-masing nilai uji terbaiknya yaitu nilai porositas minimum dicapai pada persentase abu sekam padi sebanyak 5% dengan pembakaran selama 24 jam yaitu 18,5%. Nilai susut bakar minimum dicapai pada persentase abu sekam padi sebanyak 15% dengan pembakaran selama 12 jam yaitu 0,45%. Nilai kuat tekan optimum dicapai pada persentase abu sekam padi 5% yaitu sebesar 4,1 N/mm2 dengan pembakaran selama 24 jam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: abu sekam padi, batu bata, porositas, susut bakar, kuat tekan.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:35
Last Modified: 30 Jan 2019 16:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58010

Actions (login required)

View Item View Item