SINTESIS METIL SITRONELAT MELALUI REAKSI ESTERIFIKASI FISCHER ANTARA METANOL DAN ASAM SITRONELAT HASIL OKSIDASI SITRONELAL

Wahyono, Joko (2018) SINTESIS METIL SITRONELAT MELALUI REAKSI ESTERIFIKASI FISCHER ANTARA METANOL DAN ASAM SITRONELAT HASIL OKSIDASI SITRONELAL. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Naskah Skripsi_14307141036_Joko Wahyono.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis metil sitronelat melalui reaksi esterifikasi Fischer antara metanol dan asam sitronelat hasil oksidasi sitronelal serta mengkarakterisasi metil sitronelat hasil esterifikasi dengan menggunakan metode KLT, spektroskopi IR, dan GC-MS. Penelitian ini diawali dengan mengoksidasi sitronelal menjadi asam sitronelat menggunakan oksidator Ag2O yang diperoleh dari reaksi antara AgNO3 dan NaOH serta oksidasi berlangsung pada suhu 55-60oC selama 35 menit. Kemudian, hasil oksidasi sitronelal direaksikan dengan metanol melalui reaksi esterifikasi Fischer menggunakan katalis H2SO4 pekat pada suhu 46oC selama 2 jam. Senyawa hasil oksidasi dan hasil esterifikasi diidentifikasi menggunakan metode KLT, spektroskopi IR, dan GC-MS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reaksi esterifikasi Fischer antara metanol dengan asam sitronelat hasil oksidasi sitronelal menghasilkan metil sitronelat berupa cairan berwarna kuning kecoklatan dan berbau harum. Hasil karakterisasi metil sitronelat hasil esterifikasi dengan menggunakan metode KLT, spektroskopi IR, dan GC-MS menunjukkan bahwa metil sitronelat tersebut memiliki kemurnian 17 % dan rendemen 13,76 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 30 Jul 2018 06:40
Last Modified: 30 Jan 2019 16:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58007

Actions (login required)

View Item View Item