PENGARUH PERMAINAN BOY-BOYAN MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN BENTUK GEOMETRI PADA ANAK A DI TK PANTI DEWI TANJUNGTIRTO BERBAHSLEMAN

Amelia, Eka Ardani (2018) PENGARUH PERMAINAN BOY-BOYAN MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN BENTUK GEOMETRI PADA ANAK A DI TK PANTI DEWI TANJUNGTIRTO BERBAHSLEMAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Amelia Eka Ardani_14111241034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan boy-boyan modifikasi terhadap kemampuan pengenalan bentuk geometri untuk anak Kelompok A di TK Panti Dewi, Tanjungtirto,Berbah, Sleman. Permainan boy-boyan modifikasi yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengembangkan aspek kognitif yaitu mengenalkan bentuk geometri. Bentuk geometri yang dikenalkan seperti segitiga, lingkaran, dan persegi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pre-experimental design dengan desain penelitian menggunakan one group pretest-postest. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok A di TK Panti Dewi Tanjungtiro Berbah Sleman yang berjumlah 27 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalahperformance test, pedoman observasiberbentukchecklist dan pedoman dokumentasi. Validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini menujukkan hasil validitas rhitung> rtabel yaitu 0,51 > 0,39 dan hasil reliabilitas 0,83 yang masuk dalam reliabilitas tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan membandingkan rata-rata pretest dan posttest dan serta menghitung perbedaan rerata dengan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penggunaan permainan boy-boyan modifikasi terhadap kemampuan pengenalan bentuk geometri anak kelompok A TK Panti Dewi tanjungtirto, Berbah, Sleman. Terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor pretest dan rata-rata skor posttest. Rata-rata skor pretest sebesar 4,26 dan rata-rata skor posttestsebesar 10,7. Hal tersebut juga dibuktikan dengan hasil perhitungan uji-t, thitung > ttabel yaitu 14,937 > 2,05. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan pengenalan bentuk geometri anak Kelompok A setelah diberi treatment berupa permainan boy-boyan modifikasi memberikan hasil yanglebih baik dari kondisi awal. Kata Kunci: permainan, boy-boyan modifikasi, pengenalan bentuk geometri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 27 Jul 2018 06:50
Last Modified: 30 Jan 2019 16:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57995

Actions (login required)

View Item View Item