PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA TOPIK GEOMETRI KELAS VII SMP

Carrysa, Hening and Listyani, Endang (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA TOPIK GEOMETRI KELAS VII SMP. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada topik geometri kelas VII SMP serta untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) dengan model ADDIE yang terdiri dari analysis(analisis), design(perancangan), development (pengembangan), implementation(implementasi), dan evaluation(evaluasi). Instrumen penelitian ini adalah lembar penilaian RPP dan LKS oleh dosen ahli untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran, angket penilaian guru, angket penilaian siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan perangkat pembelajaran, serta soal pre-test dan post-test untuk mengukur keefektifan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Microsoft Excel. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP dan LKS layak berdasarkan aspek kevalidan dan keduanya mencapai kriteria valid dengan skor rata-rata 4,04 untuk RPP dan 4,11 untuk LKS dengan skor maksimum 5,00. Kepraktisan perangkat pembelajaran didasarkan pada hasil lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang mencapai skor rata-rata 94,44% dengan kriteria sangat praktis, dan angket penilaian siswa yang menunjukkan kriteria praktis dengan skor rata-rata 3,00 serta angket penilaian guru yang menunjukkan kriteria sangat praktis dengan skor rata-rata 3,44. RPP dan LKS layak dari aspek keefektifan berdasarkan ketuntasan belajar siswa mencapai 80,65% dengan kriteria tuntas dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, yaitu meningkat dari 37,5% menjadi 73,1%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Geometri, Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 19 Sep 2018 00:45
Last Modified: 30 Jan 2019 16:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57994

Actions (login required)

View Item View Item