ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER FRAKSI KLOROFORM DAUN BENALU (Dendrophthoe falcata (L.f) Ettingsh) PADA TANAMAN MINDI (Melia azedarach L.)

Qurrata A’yun, Zulfa (2018) ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER FRAKSI KLOROFORM DAUN BENALU (Dendrophthoe falcata (L.f) Ettingsh) PADA TANAMAN MINDI (Melia azedarach L.). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan untuk mengkarakterisasi senyawa metabolit sekunder hasil isolasi fraksi kloroform daun benalu (Dendropthoe falcata (L.f) Ettingsh) pada tanaman mindi (Melia azedarach L.) menggunakan teknik pemisahan kromatografi kolom gravitasi (KKG). Subjek pada penelitian ini adalah daun benalu (Dendropthoe falcata (L.f) Ettingsh) yang menempel pada tanaman mindi dan objek dalam penelitian ini adalah senyawa metabolit sekunder fraksi kloroform dari daun benalu. Langkah awal yang dilakukan dalam penelitian ini adalah ekstraksi maserasi menggunakan pelarut etanol. Ekstrak etanol yang diperoleh kemudian dipartisi menggunakan nheksan dilanjutkan dengan kloroform. Fraksi kloroform dipisahkan dan dimurnikan lebih lanjut dengan kromatografi kolom gravitasi (KKG). Setelah menunjukkan noda tunggal tanpa pengotor diuji kemurniannya menggunakan tiga jenis pelarut yang berbeda dan diidentifikasi menggunakan spektroskopi UV-Vis, dan IR. Berdasarkan data UV-Vis, data spektrum menunjukkan panjang gelombang maksimum untuk senyawa yang diperoleh yaitu 350,40 nmdan 255,80 nm menunjukkan adanya gugus kromofor sinamoil dan benzoil. Spektrum IR menunjukkan adanya ikatan -OH, pada 2979,96 cm-1 , C-H alifatik pada 2946,03 cm-1 , C=O pada 1651,66 cm-1, C=C aromatik pada 1596,02 cm-1 dan 1496,72 cm- 1, C-O pada 1300,66 cm-1. Berdasarkan data spektrum UV-Vis dan IR diketahui senyawa tersebut merupakan flavonoid jenis flavonol relatif polar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 26 Jul 2018 05:38
Last Modified: 30 Jan 2019 16:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57980

Actions (login required)

View Item View Item