PENGARUH LATIHAN CORE MUSCLE TRAINING TERHADAP PENINGKATAN BODY BALANCE DAN LONG PASSING PEMAIN SEPAKBOLA U-15 SSB BATURETNO, BANGUNTAPAN, BANTUL

Setiawan, Aji Fajar (2018) PENGARUH LATIHAN CORE MUSCLE TRAINING TERHADAP PENINGKATAN BODY BALANCE DAN LONG PASSING PEMAIN SEPAKBOLA U-15 SSB BATURETNO, BANGUNTAPAN, BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_AJI_FAJAR_SETIAWAN_14602241061.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Siswa SSB Baturetno U-15 yang peneliti amati masih banyak yang mempunyai body balance dan long passing yang kurang baik, terbukti disaat melakukan pertandingan dan terjadi beberapa kontak fisik dan melakukan tendangan jauh banyak pemain yang mudah terjatuh, umpan jauhnya tidak sampai pada tujuan dan hanya ada beberapa yang masih tetep kuat untuk beradu fisik dengan lawan dan melakukan umpan jauh dengan sempurna, karena bagaimanapun komposisi fisik tubuh dan teknik setiap anak itu pasti berbeda-beda kemampuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifnya pengaruh latihan core muscle training terhadap peningkatan body balance dan long passing pemain sepakbola U-15 SSB Baturetno, Banguntapan, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan “Preetest-Posttest Control Group Design“. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan tes jauhnya tendangan dan tes keseimbangan statis. Sampel penelitian ini adalah Pemain Sepakbola U-15 SSB Baturetno sejumlah 16 anak (8 anak kelompok eksperimen dan 8 anak kelompok kontrol). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t pada taraf signifikan5 %.Berdasarkan hasil penelitian pada kelompok eksperimen analisis data jauhnya tendangan tersebut diperoleh nilai t hitung (14,523) > t tabel (2,365), dan nilai p (0,000) < dari 0,05, dan analisis data keseimbangan tersebut diperoleh nilai t hitung (7,314) > t tabel (2,365), dan nilai p (0,000) < dari 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh latihan core muscle training terhadap peningkatan body balance dan long passing pemain sepakbola U-15 SSB Baturetno, Banguntapan, Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Core Muscle Training, Body Balance, Long Passing Pemain Sepakbola
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Jul 2018 04:09
Last Modified: 30 Jan 2019 16:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57976

Actions (login required)

View Item View Item