PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MOTIF BATIK MATA PELAJARAN SENI BUDAYA ASPEK SENI RUPA SMA

Dewi Rosari, Maria Fertina (2018) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MOTIF BATIK MATA PELAJARAN SENI BUDAYA ASPEK SENI RUPA SMA. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MARIA FERTINA DEWI ROSARI.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menciptakan produk modul elektronik motif batik pada mata pelajaran seni rupa SMA, serta (2) mengetahui kelayakan modul elektronik motif batik pada mata pelajaran seni rupa sebagai pendukung proses pembelajaran di SMA Bopkri 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang diambil dari prosedur pengembangan Sugiyono. Berikut tahapan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu (1) melakukan observasi dan menemukan potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) mendesain produk, (4) memvalidasi produk, proses validasi dilakukan dengan memvalidasi instrumen, selanjutnya proses validasi ahli materi dan ahli media, (5) revisi desain sesuai masukan dari pembimbing, ahli materi dan media, (6) uji coba I, oleh 10 peserta didik di SMA Bopkri 2 Yogyakarta, (7) revisi produk sesuai masukan dari peserta didik, (8) uji coba II, oleh 20 peserta didik di SMA Bopkri 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan diskusi, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang menggunakan cara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) modul elektronik berjudul Wawasan Motif Batik Nusantara yang dapat digunakan untuk peserta didik, materi disesuaikan kelas XI SMA kurikulum 2013, dan menggunakan Software Kvisoft Flipbook Maker yang dapat dibuka di PC (personal computer). (2) hasil penilaian ahli materi memperoleh skor berjumlah 140, jika dikonversikan menggunakan kriteria kualitatif memperoleh nilai baik. Hasil penilaian ahli media memperoleh skor berjumlah 84, jika dikonversikan menggunakan kriteria kualitatif memperoleh nilai sangat baik. Hasil dari uji coba mendapatkan skor rata-rata 71,15 sehingga bila dikonversikan maka mendapatkan kriteria sangat baik. Ketercapaian setiap tahapan yang dilakukan sesuai dengan pengembangan media pembelajaran tersebut menghasilkan modul elektronik yang layak sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran seni rupa pada mata pelajaran seni budaya kelas XI di SMA. Kunci: Pengembangan Modul Elektronik, Motif Batik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 26 Jul 2018 03:50
Last Modified: 30 Jan 2019 16:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57974

Actions (login required)

View Item View Item