PEMBELAJARAN KOLASE HERBARIUM DI KELAS XI IPS 3 SMA N 3 KLATEN

Rahmaniar Maharani, Karina (2018) PEMBELAJARAN KOLASE HERBARIUM DI KELAS XI IPS 3 SMA N 3 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img] Text
TAS KARINA RAHMANIAR MAHARANI.PDF
Restricted to Repository staff only until 27 July 2019.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran kolase herbarium di kelas XI IPS 3 SMA N 3 Klaten dan mendeskripsikan hasil pembelajaran berupa karya seni rupa dua dimensi menggunakan media herbarium. Jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah human instrument, pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi pemeriksaan melalui sumber lain, perpanjangan keikutsertaan, dan ketekunan pengamatan. Teknik analisis datanya terdiri dari beberapa tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran kolase herbarium di kelas XI IPS 3 SMA N 3 Klaten, meliputi: (a) kegiatan persiapan (penyampaian materi); (b) kegiatan pelaksanaan dimulai dengan kegiatan pendahuluan dengan memperlihatkan contoh karya dilanjutkan kegiatan inti membuat sketsa penyusunan, kegiatan menempel, finishing karya, dan kegiatan penutup dengan evaluasi hasil karya; (c) penilaian karya seni herbarium dengan kualitatif menggunakan bahasa verbal; (2) Karya seni herbarium siswa yang dikategorikan sangat baik (SB) berjumlah 6 karya, kategori baik (B) berjumlah 14 karya, kategori cukup baik (CB) berjumlah 7 karya, serta kategori kurang baik (KB) berjumlah 3 karya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 03 Aug 2018 00:56
Last Modified: 30 Jan 2019 16:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57971

Actions (login required)

View Item View Item