PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN STRATEGI TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMA

Mulyeni, Seli and Dwisiwi Sri, Rahayu (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN STRATEGI TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
12. SKRIPSI LENGKAP SELI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui langkah-langkah pembelajaran fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan strategi talking stick yang efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika pada peserta didik SMA, (2) mengetahui besar peningkatan hasil belajar fisika ranah kognitif pada materi momentum dan impuls peserta didik SMA setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan strategi talking stick, (3) mengetahui besar peningkatan minat peserta didik SMA dalam belajar fisika ranah kognitif pada materi momentum dan impuls setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan strategi talking stick. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes, angket, dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes, lembar angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan melalui dua siklus, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan strategi talking stick dapat meningkatkan minat dan hasil belajar fisika ranah kognitif pada peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan kegiatan belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Peningkatan ketuntasan hasil belajar ranah kognitif peserta didik dari pretest ke posttest yaitu pada siklus I sebesar 67,65% dan siklus II sebesar 85,30%. Peningkatan minat belajar peserta didik dari minat awal ke minat akhir yaitu pada siklus I sebesar 7,23% dan siklus II sebesar 11,99%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dengan Strategi Talking Stick
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:27
Last Modified: 01 Aug 2018 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57961

Actions (login required)

View Item View Item