PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 KASIHAN

Hanifah, Nurul Widyarti and Subroto, Subroto (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 KASIHAN. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik, dan (2) mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization terhadap peningkatan hasil belajar aspek kognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Kasihan Bantul tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari enam kelas. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling dan diperoleh kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi motivasi belajar peserta didik, lembar observasi motivasi belajar peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Analisis data menggunakan uji GLM-Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik, dan (2) terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization terhadap peningkatan hasil belajar aspek kognitif peserta didik. Model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih berpengaruh terhadap hasil belajar aspek kognitif peserta didik daripada model pembelajaran ceramah bervariasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Team Assisted Individualization, motivasi belajar dan hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:35
Last Modified: 30 Jan 2019 16:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57959

Actions (login required)

View Item View Item