PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN OTENTIK PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN BERPIKR KRITIS

Khasanah, Amalia (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN OTENTIK PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN BERPIKR KRITIS. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL_AMALIA KHASANAH_14302244008.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan instrumen penilaian otentik yang layak digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis peserta didik dan (2) mengetahui seberapa besar ketercapaian keterampilan proses sains dan berpikir kritis peserta didik ditinjau dari hasil belajar aspek kognitif. Desain Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan modifikasi model Wilson dan Oriondo dan Antonio. Validitas isi instrumen dibuktikan dengan expert judgement oleh ahli dan praktisi dan dianalisis menggunakan CVR/CVI. Validitas empiris dibuktikan dan dianalisis menggunakan program Winsteps 3.37. Data politomus hasil uji coba dianalisis menggunakan model Rasch dengan bantuan program Winsteps 3.37. Uji coba instrumen melibatkan 32 peserta didik kelas X MIA 4 MAN 3 Sleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) telah dihasilkan instrumen penilaian otentik yang layak untuk mengukur keterampilan proses sains dan berpikir kritis peserta didik. Karakteristik instrumen penilaian otentik ditinjau dari validitas isi oleh ahli dan praktisi termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan untuk validasi empirisnya berdasarkan tiga kriteria yaitu OUTFIT MNSQ, ZSTD, Pt Mean Corr untuk 8 butir instrumen keterampilan proses sains dan 5 butir instrumen keterampilan berpikir kritis, 1 butir instrumen keterampilan proses sains tidak memenuhi kriteria. Reliabilitas instrumen keterampilan proses sains dan instrumen keterampilan berpikir kritis berdasarkan index sparation item sangat bagus dengan nilai >0,90, dan 2) ketercapaian keterampilan proses sains peserta didik kelas X MIA 4 MAN 3 Sleman sebagian besar berada pada kategori sangat tinggi 31,25% dan rendah 21,88%. Ketercapaian peserta didik untuk keterampilan berpikir kritis sebagian besar berada pada kategori tinggi 28,12%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penilaian otentik, keterampilan proses sains, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:27
Last Modified: 30 Jan 2019 16:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57958

Actions (login required)

View Item View Item