PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA/MA

Barriyyah, Khoirul and Astono, Juli (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA/MA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FULL_KHOIRUL_BARIYYAH_14302244011.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika SMA pada materi pokok usaha dan energi berbasis model pembelajaran Scientific Investigation layak digunakan untuk pembelajaran di kelas X SMA N 2 Bantul, (2) mengetahui peningkatan penguasaan materi peserta didik SMA yang mengikuti pembelajaran fisika berbasis model pembelajaran Scientific Investigation, dan (3) mengetahui ketercapaian keterampilan proses sains peserta didik SMA yang mengikuti pembelajaran fisika berbasis model pembelajaran Scientific Investigation. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan 4D Models (Define, Design, Develop, Disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan diujicobakan di kelas X MIPA 2 SMA N 2 Bantul. Data yang dijaring melalui angket, observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif untuk merevisi dan mengetahui kualitas perangkat pembelajaran hasil pengembangan. Kelayakan perangkat pembelajaran dianalisis menggunakan simpangan baku ideal, Content Validity Index dan Percentage of Agreement, peningkatan penguasaan materi dianalisis dengan normalized gain, dan ketercapaian keterampilan proses sains dianalisis dengan konversi nilai persen. Hasil penelitian ini adalah (1) perangkat pembelajaran fisika berbasis model pembelajaran Scientific Investigation layak digunakan meningkatkan penguasaan materi dan pencapaian keterampilan proses sains peserta didik SMA/MA. (2) peningkatan penguasaan materi peserta didik pada materi pokok usaha dan energi sebesar 0,22 dengan kategori peningkatan rendah, (3) ketercapaian keterampilan proses sains peserta didik pada pertemuan pertama 55,02% (kurang baik), pertemuan kedua 65,42% (cukup baik), pertemuan ketiga 68,96% (cukup baik).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, scientific investigation, usaha dan energi, penguasaan materi, keterampilan proses sains
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:26
Last Modified: 30 Jan 2019 16:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57957

Actions (login required)

View Item View Item