PENGEMBANGAN HANDOUT KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GERAK MELINGKAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA

Hanifati, Shinta and Suyoso, Suyoso (2018) PENGEMBANGAN HANDOUT KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GERAK MELINGKAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SHINTA HANIFATI_13302244012.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan handout kontekstual yang layak digunakan pada pembelajaran fisika materi gerak melingkar untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA; (2) mengetahui besar peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan handout kontekstual pada pembelajaran fisika materi gerak melingkar, dan (3) mengetahui besar peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah menggunakan handout kontekstual pada pembelajaran fisika materi gerak melingkar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design merupakan tahap untuk mengembangkan rancangan awal (draft) handout kontekstual dan instrumen penelitian. Tahap development menghasilkan handout kontekstual yang layak digunakan. Tahap disseminate merupakan tahap penyebarluasan media dengan memberikan handout kepada guru fisika di SMA N 3 Bantul dan publikasi melalui website. Kelayakan handout kontekstual didasarkan pada penilaian validasi menggunakan Sbi dan berdasarkan hasil analisis angket respon peserta didik. Peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik dianalisis berdasarkan nilai Standard Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan handout kontekstual pada pembelajaran fisika materi gerak melingkar yang layak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA; (2) peningkatan motivasi belajar sebesar 0,009 dengan kategori rendah; dan (3) peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 0,14 dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: handout, kontekstual, motivasi belajar, hasil belajar kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:26
Last Modified: 30 Jan 2019 16:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57955

Actions (login required)

View Item View Item