KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMA TERINTEGRASI PENDIDIKAN KEBENCANAAN TSUNAMI DITINJAU DARI PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI DAN KESIAPSIAGAAN BENCANA ALAM

Akbari, Inayati Hajjar and Wiyatmo, Yusman (2018) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMA TERINTEGRASI PENDIDIKAN KEBENCANAAN TSUNAMI DITINJAU DARI PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI DAN KESIAPSIAGAAN BENCANA ALAM. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL_INAYATI HAJJAR_14302244001.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui keefektifan media pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan tsunami ditinjau dari peningkatan penguasaan materi, (2) mengetahui keefektifan media pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan tsunami ditinjau dari peningkatan kesiapsiagaan peserta didik terhadap bencana alam tsunami, (3) mengetahui adanya perbedaan penguasaan materi antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan tsunami dan model pembelajaran fisika konvensional, dan (4) mengetahui adanya perbedaan kesiapsiagaan bencana alam tsunami antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan tsunami dan model pembelajaran fisika konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen jenis control group pre-test-posttest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Bambanglipuro tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 81 peserta didik.. Materi fisika yang diajarkan yaitu Usaha dan Energi. Instrumen pengumpulan data yaitu angket kesiapsiagaan bencana alam, soal tes, lembar observasi keterlaksanaan RPP dan lembar validasi. Teknik analisis data menggunakan Uji GLM-MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan tsunami lebih efektif daripada pembelajaran fisika konvensional ditinjau dari peningkatan penguasaan materi dengan nilai keefektifan sebesar 10,3%, (2) media pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan tsunami lebih efektif daripada pembelajaran fisika konvensional ditinjau dari peningkatan kesiapsiagaan terhadap bencana alam tsunami dengan nilai keefektifan sebesar 23,4%, (3) terdapat perbedaan peningkatan penguasaan materi antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran fisika dengan menggunakan media pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan tsunami dan pembelajaran fisika konvensional dengan nilai sig. 0,017, dan (4) terdapat perbedaan peningkatan kesiapsiagaan bencana alam antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran fisika dengan menggunakan media pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan tsunami dan pembelajaran fisika konvensional dengan nilai sig. 0,000.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Fisika Terintegrasi Pendidikan Kebencanaan Tsunami, hasil belajar, kesiapsiagaan bencana tsunami, materi usaha dan energi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:24
Last Modified: 30 Jan 2019 16:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57950

Actions (login required)

View Item View Item