PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MATERI GRAVITASI NEWTON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X DI SMA ANGKASA ADISUTJIPTO

Anggraini, Eva and Jumadi, Jumadi (2018) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MATERI GRAVITASI NEWTON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X DI SMA ANGKASA ADISUTJIPTO. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menghasilkan produk media audio visual pada pembelajaran discovery learning yang layak digunakan. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa menggunakan media audio visual pada pembelajaran discovery learning .(3) Mengetahui perbedaan peningkatan haail belajar kognitif siswa antara kelas yang menggunakan media audio visual denga kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4 D Model. (pendefinisisan, perancanagan, pengembangan, dan penyebaran) Tahap pendefinisian yaitu tahap yang terdiri dari analisis awal yaitu analisis siswa. Analisis siswa terdiri dari analisis tugas dan analisis konsep yang menghasilkan analisis tujuan pembelajaran/ selanjutnya tahap perancangan terdiri pembuat format dan desain awal media video yang akan dibuat. Tahap ketiga yaitu tahap pengembangan yaitu tahap validasi ahli media dan ahli praktisi. Validasi dilakukan oleh dosen ahli dan guru fisika yang bersangkutan di SMA yang akan diteliti. Kemudian dilanjutkan dengan uji lapangan operasional untuk tahap revisi pertama.Tahap keempat penyebaran yaitu penyebaran dari produk akhir pengembangan berupa media video. Penyebaran dilakukan melalui jurnal.. Setelah dilakukan penelitian disimpulkan bahwa : Telah dihasilkan Media Audio Visual berupa video yang layak digunakan dalam pembelajaran discovery learning fisika pada materi Gravitasi Newton berdasarkan hasil analisis yang dilakukan terhadap media audio visual pada beberapa aspek dengan skor rata-rata 3,225 dengan kategori baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa media audio visual berupa video yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran. (2) Media Audio Visual fisika yang telah dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil rata-rata standar gain untuk kelas eksperimen sebesar 0,33 untuk hasil belajar kognitif dalam kategori sedang dan standar gain untuk kelas kontrol sebesar 0,175 dalam kategori rendah. (3) Ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA ANGKASA ADISUTJIPTO antara siswa yang menggunakan media audio visual berupa video dengan yang tidak menggunakan media audio visual berupa video. Uji beda ini antara kedua kelas menggunakan uji-t, bahwa ada perbedaan peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan dapat disimpulkan kelas eksperimen lebih besar peningkatannya dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media audio visual, video, discovery learning, gravitasi newton
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:22
Last Modified: 30 Jan 2019 16:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57947

Actions (login required)

View Item View Item