PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PQ4R GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF DITINJAU DARI MINAT DAN TANGGAPAN PROSES BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI UNTUK PESERTA DIDIK SMA

Kurniandayani, Atrelia and Suparwoto, Suparwoto (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PQ4R GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF DITINJAU DARI MINAT DAN TANGGAPAN PROSES BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI UNTUK PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
12. Skripsi Full_Atrelia Lelia K.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kelayakan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis PQ4R yang dikembangkan berdasarkan penilaian dari validator dan respon peserta didik, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar aspek kognitif peserta didik pada materi usaha dan energi setelah diterapkannya perangkat pembelajaran berbasis PQ4R, dan (3) mengetahui sumbangan minat dan tanggapan proses belajar peserta didik terhadap peningkatan hasil belajar aspek kognitif, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama (simultan). Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu model pengembangan 4-D (four D models). Tahapan-tahapan penelitian ini yaitu : (1) tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (develop), dan (4) tahap penyebaran (disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMA N 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket validasi produk, angket respon siswa, angket minat, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi tanggapan proses belajar, dan instrumen tes. Teknik analisis data terdiri dari teknik analisis validasi instrumen dan analisis hasil. Teknik analisis validitas instrumen menggunakan SBI, Koefisien Alpha Cronbach, KR dan KS, untuk analisis hasil penelitian menggunakan normalized gain, IJA, dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perangkat pembelajaran buku guru dan buku siswa berbasis PQ4R yang dikembangkan layak digunakan dengan skor penilaian validator sebesar 4,22 dalam kategori sangat baik dan angket respon peserta didik sebesar 3,39 dalam kategori baik, (2) Pembelajaran dengan menggunakan buku guru dan buku siswa berbasis PQ4R mampu meningkatkan hasil belajar aspek kognitif peserta didik dengan nilai N-Gain sebesar 0,63 yang masuk dalam kategori sedang, dan (3) Variabel minat memberikan sumbangan efektif sebesar 6,67% dan tanggapan proses belajar peserta didik memberikan sumbangan efektif sebesar 44,64% terhadap hasil belajar aspek kognitif peserta didik pada materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PQ4R, minat belajar,kognitif, usaha dan energi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:20
Last Modified: 30 Jan 2019 16:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57946

Actions (login required)

View Item View Item