Sintesis Silika Gel dari Limbah Kaca dan Aplikasinya pada Adsorpsi Ion Logam Cu(II) dan Zn(II) pada Limbah Electroplating

Saputri, Yunita Pardiyana (2018) Sintesis Silika Gel dari Limbah Kaca dan Aplikasinya pada Adsorpsi Ion Logam Cu(II) dan Zn(II) pada Limbah Electroplating. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan karakterisasi sabun mandi herbal hasil reaksi saponifinikasi minyak nabati dengan NaOH dengan bahan aktif minyak cengkeh berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan uji aktivitas antibakteri sabun tersebut terhadap bakteri Escherichia coli. Minyak cengkeh mengandung komponen utama senyawa eugenol yang memiliki aktivitas antibakteri. Escherichia coli merupakan bakteri patogen penyebab infeksi paling banyak pada manusia dan dianggap sebagai indikator adanya kontaminasi pada makanan dan minuman. Tujuan penelitian ini untuk menentukan kualitas sabun herbal berdasarkan SNI dan mengetahui aktivitas antibakteri sabun tersebut terhadap bakteri Escherichia coli. Pembuatan sabun dilakukan dengan cara reaksi saponifikasi minyak nabati dan NaOH dengan bahan aditif minyak cengkeh. Karakteristik sabun herbal diuji berdasarkan standar kualitas sabun mandi padat yang terdapat dalam SNI. Kualitas yang diuji meliputi kadar air, kadar klorida, asam lemak bebas atau alkali bebas, bahan tidak larut dalam etanol, dan lemak tidak tersabunkan dan uji aktivitas antibakteri yang dilakukan dengan metode Kirby-Bauer. Hasil penelitian uji kualitas sabun herbal adalah kadar air 1,067%, kadar klorida 1,17%, total lemak 92%, bahan tidak larut dalam etanol 0,8%, alkali bebas 0,0053%, dan lemak tidak tesabunkan 0,0037%. Hasil uji antibakteri menunjukkan sabun herbal dengan bahan aktif minyak cengkeh memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri Escherichia coli dengan pengamatan pada jam ke-12 dan zona hambat maksimum 22,18 mm pada konsentrasi sabun 10%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 25 Jul 2018 07:49
Last Modified: 30 Jan 2019 16:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57942

Actions (login required)

View Item View Item